Piala AFC U-16 2018 India vs Indonesia Mencari Penawar Duka

535

tobasatu.com, KUALA LUMPUR| Langkah Timnas U-16 Indonesia untuk merebut tiket perempatfinal Piala AFC U-16 2018, sudah di depan mata. Bagus Kahfi cs hanya butuh hasil imbang saat bentrok dengan Timnas U-16 India. Namun pelatih Garuda Asia, Fakhri Husaini menegaskan kemenangan wajib diraih di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9) malam WIB.
Memuncaki klasemen sementara Grup C Piala AFC U-16 2018, tentunya peluang Timnas Indonesia lebih terbuka melangkah ke babak perempatfinal dibandingkan sang lawan, India.
Tim berjuluk Indian Colts sendiri berada di runner-up klasemen sementara Grup C mengantongi nilai 4, sama dengan Indonesia (hasil 1 kali menang dan 1 kali seri). Selisih gol Garuda Asia lebih baik dibanding Indian Colts.
Bagus Kahfi dkk melesakkan 3 gol dan kemasukan 1. Sedangkan skuat besutan Bibiano Fernandes baru mencetak 1 gol, itupun lewat penalti saat bertemu Vietnam. Sementara di peringkat ketiga dan keempat bertengger Vietnam serta Iran yang baru mengoleksi satu poin hasil dari dua laga.
Nah, jelang laga krusial nanti Indonesia bertekad menghindari kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat ditahan Vietnam 1-1.”Salah satu yang perlu dievaluasi adalah serangan sayap saat menghadapi Vietnam tidak berjalan sebagaimana mestinya,” kata Fakhri usai memimpin latihan di Lapangan Kompleks Kemudahan Kemasyarakatan (3K) SS13, Subang Jaya, Selangor, Malaysia, kemarin (25/9).
Kedua yang menjadi perhatian Fakhri adalah para pemainnya beberapa kali tak tepat dalam mengirimkan umpan. Situasi itu dimanfaatkan oleh Vietnam untuk menciptakan peluang-peluang berbahaya.
Evaluasi ketiga yakni situasi bola mati yang menghasilkan satu gol bagi Vietnam dimenit ke-31 melalui sepakan bebas Khuat Van Khang. Fakhri pun meminta Amiruddin Bagas dan kawan-kawan untuk mewaspadai pelanggaran-pelanggaran di sekitar kotak penalti.
Sebaliknya, pelatih Timnas India U-16, Bibiano Fernandes, mengakui laga kontra Indonesia tidak akan mudah untuk tim asuhannya. Hasil imbang bisa membawa kedua tim ke perempatfinal, namun kemenangan relatif lebih aman karena juga dibutuhkan untuk memastikan posisi juara grup sekaligus menghindari lawan berat.
Pasalnya di Grup D, Korea Selatan yang digadang-gadang calon juara kini memuncaki klasemen dengan hasil sempurna. Bahkan mereka melesakkan 10 gol tanpa kebobolan dalam dua laga yang dilakoni.
Bibiano optimistis Timnas India U-16 bisa mengatasi Indonesia. Ia menilai keberhasilan mengumpulkan poin empat dari kemenangan atas Vietnam (1-0)dan menahan Iran (0-0) menunjukkan perkembangan signifikan Niraj Kumar dkk.
Piala AFC U-16 2018 merupakan ajang kualifikasi untuk Piala Dunia U-17 tahun depan. Bila ingin lolos turnamen besar yang tahun depan akan digelar di Peru tersebut, Indonesia harus minimal menembus empat besar atau babak semifinal.
Bila Indonesia lolos ke Piala Dunia, sukses itu setidaknya bisa menjadi penawar duka bagi kondisi sepak bola di tanah air yang kembali sengkarut menyusul tewasnya suporter Persija, Haringga Sirila, yang dikoroyok bobotoh Persib.(ts)

BACA JUGA  Sore Ini, PSSA Jamu Timnas U16 di Stadion Mutiara Kisaran
Loading...
loading...