Pangdam I/BB Ingatkan Prajurit Yonif 126/KC Jangan Sakiti Hati Rakyat

171

tobasatu.com, Asahan | Sebanyak 450 prajurit Yonif 126/KC akan diberangkatkan untuk operasi satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) di Papua-Papua Nugini. Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah memyambangi Makoyonif 126/KC di Desa Perjuangan, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Rabu (10/10/2018).

Pada arahannya Pangdam I/BB menyampaikan kepada seluruh prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC untuk membangun kepercayaan diri yang tinggi guna kemampuan pelaksanaan tugas secara optimal. “Lakukan pendekatan dengan masyarakat setempat dengan menghormati adat istiadat yang ada dan jangan sekali-kali merugikan dan menyakiti hati rakyat,” kata Pangdam.

Walaupun ada beberapa hambatan di dalam pelaksanaan tugas, sambungnya, agar tetap mengedepankan pendekatan dengan masyarakat guna penyelesaiannya. “Kegiatan ini juga harus dapat menambah wawasan baik pengetahuan maupun keterampilan prajurit secara perorangan juga satuan itu sendiri secara keseluruhan,” urainya.

Karena melalui latihan-latihan yang telah dilaksanakan tersebut maka proses penyiapan suatu satuan dalam rangka menuju daerah penugasan secara umum baik perorangan maupun satuan, harus dapat tampil lebih percaya diri guna menghadapi tugas operasi di daerah penugasan yang telah ditentukan oleh komando atas.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan untuk mengantisipasi berbagai kerawanan tersebut, maka harus tetap waspada. Lakukan patroli keamanan dan patroli pemeriksaan patok batas secara intensif dan lakukan pembinaan kepada masyarakat di sekitar perbatasan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya Pangdam I/BB juga memberikan atensi kepada para prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KS. Yakni, disiplin tempur harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan, serta pedomani prosedur hukum dalam penanganan permasalahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan juga mengingatkan untuk memahami adat istiadat yang berlaku di daerah operasi, dan menggali lebih dalam potensi yang dapat dikembangkan sebagai sarana kontak di daerah operasi

Hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB dan Dandim 0208/Asahan. (ts/rel)

Loading...
loading...