Timsus Deninteldam I/BB Bekuk 11 Pengedar dan Pengguna Narkoba di Komplek Abdul Hamid

252

tobasatu.com, Medan | Tim khusus (Timsus) Deninteldan I/BB meringkus 11 orang pengguna dan pengedar narkoba dari Komplek Abdul Hamid di Jalan Medan-Binjai Km 10, Desa Lalang l, Kecamatan Sunggal, Deliserdang.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos didampingi Dandeninteldam I/BB, Mayor Inf M Wirya Artha Diguna dan sejumlah staf Inteldam I/BB di Mako Deninteldam I/BB, Jalan Beringin, Helvetia Medan, Kamis (18/10/2018) mengungkapkan, penangkapan ini dilakukan, Rabu (17/10/2018). Mulanya, Timsus menerima informasi soal adanya peredaran narkoba di kawasan itu. Kemudian Dandeninteldam memimpin langsung penyelidikan. Setelah itu, dua personel Timsus melakukan penyamaran sebagai pembeli. Kedua personel menuju Blok 6 di komplek tersebut.

Hasilnya, lima orang dibekuk. Para pelaku adalah M Zulham Ginting (35), alamat Jalan Pasar Lama, Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. Agus Jaelani (35) alamat Jalan Pasar Lama, Gang Masjid, Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. Fanuel Pardede (24), alamat Jalan Pelita, Desa Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. Fani Fikri (33), alamat Jalan Danau Air Tawar Km 18, Kelurahan Binjai Timur, Kota Binjai dan Dedi Setiawan (33), alamat Komplek Abdul Hamid Blok 10.

Dari kelimanya diamankan barang bukti 1 timbangan elektrik dan 1 sepada motor jenis Honda Beat BK 5310 AHC.

Roy melanjutkan dari Blok 6, Timsus melakukan penyisiran ke Blok 8, dan menangkap Indra Gunawan (27) yang berada di warung Suman. Dari tangan Indra Gunawan yang beralamat di Komplek Abdul Hamid Nasution, Blok Pamen itu, didapat barang bukti sabu sebanyak 1,5 gram.

Pengembangan dilanjutkan ke Blok 10, yakni ke salah satu rumah kosong yang sudah ditinggalkan dan dihancurkan oleh penghuninya. Timsus juga menuju ke kediaman Bernard yang diduga sebagai bandar sabu.

Di Blok 10 ini, Timsus membekuk 5 pelaku lainnya yang sedang mengkonsumsi dan memaket sabu sebanyak 8 paket dengan berat 8 gram, dan ganja 0,92 gram.

Timsus yang menginterogasi 5 pelaku dari Blok 10 ini akhirnya mengetahui bahwa pemilik sabu yang diamankan adalah Sutan Agus Manurung. Dengan gerak cepat, Timsus langsung menggeledah kediaman Sutan Agus Manurung di Blok 7F/A 43.

Dari rumah Sutan Agus Manurung, Timsus menemukan barang bukti sabu sebanyak 101,27 gram yang masih dibungkus dalam plastik dan disembunyikan di bawah batu dekat pagar rumah,.

Abituren Akmil 1997 ini menambahkan 5 pelaku yang diciduk dari Blok 10, yakni Samsul Bahri (52), alamat Desa Payageli, Gang Buntu, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. Anditya Faisal (38), alamat Komplek Abdul Hamid Blok IV. Adi (48), alamat Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Hamparan Perak, Deliserdang (lahan garapan).
Joni Situmeang (52), alamat Jalan Binjai Km 10, Gg Subur, Desa Lalang, Kecamatab Sunggal, Deliserdang dan Sutan Agus Manurung (51), alamat Komplek Abdul Hamid Blok 7F/A 43.

Diterangkan Roy, dari penggerebekan di tiga lokasi ini, diperoleh barang bukti sabu sebanyak 113,77 gram, 3 unit timbangan elektrik warna hitam, 3 unit HP, plastik bening ukuran kecil dan 1 bungkus besar, 8 buah pipa kaca (alat isap sabu), 1 dompet warna cokelat, 3 buah bong (alat isap sabu), 4 unit sepeda motor 4 dan ganja 0,92 gram.

“Dari hasil tes urine, 10 orang positif narkoba. Untuk penyidikan lebih lanjut, para pelaku ini kita serahkan ke Direktorat Narkoba Polda Sumut,” tandas mantan Dandim 0203/Langkat tersebut. (ts/rel)

Loading...
loading...