Peralatan PRCPB Kodam I/BB Akan Segera Dilengkapi

81

tobasatu.com, Medan | Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah mengecek kesiapan Peleton Siaga Bencana Alam dari Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 1/Dhira Dharma. Ini merupakan bentuk kesiapan Kodam I/BB untuk mengatasi bencana alam.

Pengecekan Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD atau Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Kodam I/BB ini digelar di Lapangan Upacara Makodam I/BB, Jln Gatot Subtoto Km 7,5 Medan, Rabu (7/11/2018).

Di acara itu, Pangdam I/BB yang didampingi Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, Irdam, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, dan para Kabalak Kodam I/BB berkesempatan mendengarkan langsung paparan dari Danyon Zipur 1/DD, Letkol Czi Eko Supri Setiawan mengenai kelengkapan alat perlengkapan Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD ini.

Pangdam I/BB menuturkan, Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD ini merupakan cikal bakal satuan sejenis di Kodam I/BB. Selanjutnya satuan seperti ini akan dibentuk di setiap satuan lainnya, baik di Satuan Tempur (Satpur), maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang ada dijajaran Kodam I/BB.

“Karena kita hidup di daerah bencana, maka kita harus mempersiapkan prajurit untuk menghadapi segala kemungkinan bencana yang tidak tahu kapan datangnya,” terang abituren Akademi Militer 1988 ini.

Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah menjelaskan, apa yang dilakukannya adalah mencoba mengorganisir kembali kekuatan yang dimiliki Kodam I/BB, baik personel maupun materil dalam rangka pengerahan untuk membantu situasi kebencanaan.

“Saya mencoba untuk mengorganisir kembali pasukan di Kodam I/BB dengan membentuk satuan-satuan kecil yang mudah digerakan, tapi punya kemampuan yang cukup efektif. Memang, kekuatannya cuma satu peleton, tapi didukung satuan-satuan lain dalam hal kebutuhan alat perlengkapan yang diharapkan,” papar Pangdam I/BB.

Mengenai kelengkapan alat perlengkapan untuk Peleton Siaga Bencana Alam ini, Pangdam I/BB tak memungkiri ada satuan yang sudah punya, dan tinggal diorganisir saja.

Namun untuk satuan yang belum memiliki, Pangdam I/BB memastikan akan secara pelan-pelan melengkapinya. “Mungkin juga ke depan akan kita laporkan kepada pimpinan untuk dijadikan prioritas penataan di tubuh TNI Angkatan Darat,” jelasnya. (ts/rel)

Loading...
loading...