Beli Ponsel Curian, Pengusaha Dituntut 1 Tahun Penjara

115

tobasatu.com, Pancurbatu | Zainul Ihsan (25) warga Dusun I Pematang Ganjang, Kel Sei Rampah Kiri, Kec Sei Rampah dituntut selama 1 tahun kurungan penjara.

Jaksa Penuntut Umum dari Cabjari Pancurbatu Douglas, SH di Pengadilan Negeri Lubukpakam pada sidang di Pancurbatu yang dipimpin majelis hakim diketuai Angga Lanton Manalu, SH, Senin (3/12), berkesimpulan kalau terdakwa terbuki secara sah dan menyakinkan bersalah sebagaimana yang diatur dan diancam pada pasal 480 KUHP.

Dalam dakwaaannya, jaksa menyatakan, peristiwa itu terjadi pada Senin 10 September 2018 sekira pukul 11.30 WIB. Saat itu, terdakwa dibangunkan oleh kakaknya yang mengatakan ada yang mau jual HP merek Xiaomi dan Lenovo. Terdakwa mengatakan akan melihat HP yang mau dijual tersebut.

Kemudian, terdakwa bergegas membuka toko HP yang berada di depan rumahnya. Saat itu, terdakwa melihat keberadaan seorang laki-laki yang tak dikenalnya (Lapo Harahap pelaku pencurian berkas terpisah-red).

Kepada terdakwa, Lapo Harahap mengatakan hendak menjual HP sambil memperlihatkan HP merek Xiaomi dan Lenovo. Selanjutnya, terdakwa memeriksa kondisi HP tersebut sambil menanyakan harga. Lapo Harahap menyebut, akan melego ponsel itu masing-masing Rp700 ribu.

Terdakwa sempat menanyakan kepada Lapo Harahap kenapa HP-nya dijual, dan dibalas Lapo Harahap untuk ongkos ke Kisaran. Namun, karena HP merek Lenovo tidak bisa dibuka sandi kuncinya, sehingga terdakwa hanya mau membeli HP Xiaomi seharga Rp350 ribu.

Sekira pukul 22.00 WIB,  petugas polisi yang berpakaian preman datang ke toko HP milik terdakwa untuk menanyakan keberadaan HP merek Xiaomi yang dilaporkan milik korban atas nama Jujur Lumban Tobing. Akhirnya, terdakwa mengakui kalau dirinya ada membeli HP merek Xiaomi tersebut dari Lapo Harahap.

Selanjutnya, terdakwa berikut barang bukti dibawa ke kantor polisi untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Untuk mendengarkan putusan, majelis hakim mengundur sidang hingga pekan depan. (ts-22)

Loading...
loading...