Tirta Investama Langkat Bantu Pengadaan Air Bersih untuk Masyarakat Sei Bingai

197
Stakeholder Relation Manager PT Tirta Investama Langkat, Jonson R Hutabarat saat meninjau salah satu proyek pengadaan air bersih yang merupakan bantuan CSR PT Tirta Investama Langkat di Balai Desa Pasar VI Kwala Mencirim Sei Bingai, Senin (10/12/2018). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Langkat | PT Tirta Investama Langkat sebagai salah satu produsen minuman kemasan bermerek Aqua, membantu pengadaan air bersih untuk masyarakat di Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat.

Menurut Stakeholder Relation Manager PT Tirta Investama Langkat, Jonson R Hutabarat, kegiatan tersebut sebagai bentuk tanggungjawab sosial mereka kepada masyarakat.

“Ini sebagai tanggungjawab sosial  kami, salah satunya pengembangan sanitasi, air bersih dan sehat. Makanya saat ini kita banyak melakukan kegiatan seperti pengadaan air bersih,” tutur Jonson pada acara pertemuan multipihak para penerima manfaat CSR PT Tirta Investama Langkat di Balai Desa Pasar VI Kwala Mencirim Sei Bingai, Senin (10/12/2018).

Pengadaan air bersih, sebut Jonson, sudah dilakukan di dua desa di Kecamatan Sei Bingai diantaranya di  Desa Namu Ukur, dan Desa Pasar VI sebagai lokasi awal pengembangan air bersih tersebut.

“Ini pertama sekali dibangun pengadaan air bersih, selain itu juga kita telah bangun irigasi, drainase, kemudian sampai pada pengembangan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Menurut Jonson hal itu dilakukan dalam upaya mendekatkan diri ke masyarakat bahwa keberadaan perusahaan itu ada manfaatnya, bukan malah disebutkan akan mengambil alih ekonomi yang sudah ada. Sebaliknya yang dilakukan pihaknya kepada masyarakat berupa alternative ekonomi yang bisa dikembangkan di desa tersebut.

“Kenapa kita lakukan padahal kalau orang bilang itu cari keuntungan, padahal bukan. Kita itu sebenarnya komitmen, bahwa Aqua punya komitmen ganda, keberhasilan bisnis  harus sejalan dengan sosial, dan itu sudah dilakukan pendiri Aqua,” paparnya.

Selain itu, sebutnya, Aqua juga sangat konsen dengan lingkungan. ”Jadi, kita bukan merusak lingkungan, justru kita berangkapan semakin bagus lingkungan akan baik buat kita semua. Selama ini kita lakukan konservasi penanaman pohon, dan bio pori  yang gunanya untuk meresapkan air sebanyak-banyaknya ke dalam tanah,” jelasnya sembari menekankan harapan pihaknya bagaimana memajukan desa khususnya melalui dukungan Sources of Indonesia (SoI)  terhadap pengembangan usaha di masyarakat.

BACA JUGA  Pemko Medan Terima Hibah Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi MBR

Respon positif disampaikan perwakilan Desa Pasar VI dan pihak Kecamatan Sei Bingai yang bangga atas kepedulian Aqua bersama SoI di dalam pengembangan di desa mereka.

“Terima kasih kami pada Aqua, semua itu harus kita pelajari untuk kemajuan bersama,” sambut perwkilan perangkat desa itu.

Hal senada juga ditekankan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat yang melihat upaya pengembangan usaha desa dan pembangunan pengadaan air bersih dinilai sangat membantu masyarakat sekitar.

“Ini positif, karena dia langsung bantu masyarakat sekitar, terutama tentang pengelolaan limbah kotoran yang diolah menjadi pupuk dan gas, disamping itu ada air bersih dari Aqua sebagai CSR-nya di sini,” pungkas Ahmad Rijal Nasution selaku Kasi Peralatan Dinas Lingkungan Hidup.

Ahmad Rijal mengatakan ke depan pengembangan dan pembangunan pengadaan air bersih tidak hanya dilakukan di Kecamatan Sei Bingai akan tetapi meluas dibeberapa lokasi di Kabupaten Langkat. (ts-02)

 

Loading...
loading...