Gubsu di Tirtanadi: Jadikan Al-Quran dan Rasul Sebagai Teladan

168
Gubsu Edy Rahmayadi saat menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan PDAM Tirtanadi, Minggu (17/12/2018). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Keluarga besar PDAM Tirtanadi menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW, yang menghadirkan Ustadz Al Habsy, Minggu (17/12/2018).

Peringatan Maulid Nabi yang digelar di halaman Kantor PDAM Tirtanadi di Jalan Sisingamangaraja ini merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-113 perusahaan daerah milik Pemprov Sumut tersebut.

Acara Maulid Nabi dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Sekda Provsu Sabrina, Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo, Direktur Administrasi dan Keuangan Arief Haryadian, Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution, Direktur Air Bersih Delviyandri Tanjung.

Hadir pula dalam kesempatan itu Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi yang juga Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik, dan anggota DPRD Sumut Muchrid Nasution.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengajak umat Islam untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dan meneladani Rasulullah SAW dalam keseharian. Dengan harapan akan tercipta keteraturan dan kedamaian di daerah ini.

“Al-Quran khususnya, bukan saja untuk kita baca, tetapi lebih penting dari itu adalah bagaimana kita mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung didalamnya dalam kehidupan kita. Begitupun dengan memperingati maulid, bukan untuk mengingat kelahiran Rasul saja, tapi juga meneladani sifat-sifatnya. Hari ini kita intropreksi bersama-sama,” ujar Edy.

Keteraturan yang tercipta di negara-negara maju, kata Edy, merupakan akibat dari tindakan dan perbuatan mereka yang mengaplikasikan ajaran Al-Quran. Contoh kecilnya adalah tentang bagaimana mereka menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

“Berbeda dengan kita, meski menjaga kebersihan dianjurkan dalam Al-Quran, tetap juga kita buang sampah sembarangan,” katanya.

Dirinya kemudian berandai, kalau semua umat Islam mengamalkan Al-Quran dan meneladani Rasul, niscaya akan tercipta keteraturan dan kedamaian. Untuk itu, lanjut Edy, dirinya berharap peringatan maulid nabi hari ini menjadi momentum untuk intropeksi diri bersama, bukan sekedar acara seremonial belaka.

BACA JUGA  2018, PDAM Tirtanadi Setorkan PAD Rp10,6 Miliar ke Pemprov Sumut

Selain itu, Edy juga mengajak kaum pria khususnya untuk membiasakan shalat berjamaah di masjid. “Saya heran, malah sekarang perempuan yang lebih banyak ke masjid. Padahal kan yang lebih utama laki-laki. Ayolah kita biasakan itu shalat di masjid, begitu adzan, bergerak ke masjid,” ajaknya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diawali dengan zikir, bersholawat, dan pembacaan Al-Quran yang dilantunkan oleh qori internasional asal Sumut Jakfar Hasibuan. Dalam kesempatan itu, dilakukan pula pemberian tali asih kepada Hafiz dan Hafizah oleh Gubsu Edy beserta jajaran direksi PDAM Tirtanadi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah oleh Ustadz Al Hasby. Dalam ceramahnya, ustadz Al Hasby mengajak seluruh hadirin untuk senatiasa bersyukur. “Hanya dengan bersyukur, maka rahmat Allah senantiasa bertambah,” tuturnya.

Ustadz Al Hasby juga mengaku bangga dan memuji Gubsu Edy. Menurutnya, Edy adalah sosok pemimpin yang dekat dengan agama. “Insya Allah, jika imamnya baik dan dekat dengan agama, maka makmumnya atau rakyatnya juga demikian,” ucapnya. (ts-02)

 

Loading...
loading...