Jelang Akhir Tahun 2018, Polres Sergai Bekuk Lima Pengedar Narkoba

1363
tobasatu.com, Sergai | Jelang akhir tahun 2018, Polres Sergai membekuk lima orang pengedar narkoba.
Kapolres AKBP H. Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, SIK, MSi melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu saat ditemui wartawan, Jumat (29/12) menjelaskan empat orang merupakan hasil penangkapan oleh Sat Narkoba Polres Sergai, dan sat orang diamankan Polsek Perbaungan.

Para tersangka yang diamankan yakni Saiful Anwar alias Saiful (28) warga Desa Lubuk Bayas Dusun I Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Akhiruddin alias Akhir (28) warga Desa Nagakisar Dusun VI Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.

Kedua tersangka ini diamankan sekira Selasa 25 Desember 2018 pukul 23.00 WIB dari Desa Nagalawan Dusun I Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Dari kedua tersangka turut diamankan barang bukti berupa dua helai plastik transparan berisi kristal putih yang diduga Narkotika jenis sabu dengan berat bruto 0,50 gram dan 4 plastik transparan kosong, 1 bal plastik klip transparan, 1 pipet Aqua yang diruncingkan dijadikan secop sabu, 1 dodot warna kuning, 1 buah mancis warna merah yang terdapat kertas timah rokok dijadikan seperti jarum untuk membakar sabu, 1 buah bong terbuat dari Aqua gelas yang sudah dirakit dan terdapat 2 pipet bengkok yang terpasang, 2 unit HP iCerry warna hitam dan Nokia warna biru muda serta uang tunai Rp74 ribu.

Lanjut perwira berpangkat tiga balok emas ini, pihaknya juga mengamankan Zulham Fauzi alias Fauzi (37) warga Dusun III Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan dan Hermansyah alias Unyil (37) warga Dusun V Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan Kabupaten Sergai.

Kedua tersangka diamankan dari  rumah tersangka Zulham Fauzi yang beralamat di Dusun III Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan pada 27 Desember 2018 sekitar pukul 19.00 WIB. Dari kedua tersangka turut juga diamankan barang bukti berupa 2  plastik klip berisi kristal putih yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat bruto 0,43 gram, 3 HP android merek Xiaomi warna putih dan hitam, 1 unit HP StrawBerry lipat warna hitam, 1 bal plastik klip transparan kosong, 1 alat isap sabu (bong), 1 unit timbangan digit dan uang tunai Rp300 ribu.

Martualesi melanjutkan

kedua tersangka adalah target dari Sat Narkoba. Penangkapan dilakukan setelah  melakukan penyelidikan dan transaksi penyamaran sebagai pembeli. Petugas yang menyamar membeli sabu dengn paket Rp300 ribu.

dengan didampingi Kadus, lanjut mantan Kapolsek Kutalimbaru ini, dilakukan penggerebekan di rumah tersangka dan dengan hasil ditemukan 1 paket plastik klip berisi kristal diduga sabu tepatnya di tempat tidur. Dari belakang rumah ditemukan 1 buah bong, dari  jarak 3 meter dari bong ditemukan plastik klip kosong dan 1 unit timbangan elektrik.

“Dari interogasi awal tersangka mengakui sudah setahun lebih menjual sabu. Sabu diperoleh dari daerah Tembung inisial K. Adapun penjualan tersangka sehari sekitar 1 gram dengan keuntungan Rp200 ribu. Tersangka adalah seorang residivis yang sudah 2 kali divonis kasus sabu,” ujar Martualesi.

Selain itu mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Kota ini juga menyampaikan sekira Sabtu (22/12) pukul 03.00 WiB, personil Polsek Perbaungan berhasil menangkap 1 orang tersangka pengedar sabu yakni Muhammad Haris alias Aceng (22) warga Jalan Coklat l Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan.

Tersangka ditangkap dari dalam sebuah gubuk milik pengedar sabu beralamat di Jalan Coklat l Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan dengan barang bukti 1 plastik klip ukuran sedang berisikan 3 plastik ukuran kecil berisikan butiran kristal warna putih yang diduga narkotika jenis sabu berat bruto 1,2 gram dan netto 0,9 gram.

“Para tersangka dijerat dengan pasal 114 Sub 112 UU RI No.35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 hingga 20 tahun penjara,” tuturnya. (ts-18)

Loading...
loading...