Terlibat Narkoba, Supir Angkot, Penarik Becak, Pemilik Warkop dibekuk Kodim 0203/Lkt

164

tobasatu.com, Binjai | Lima orang terkait kasus sabu disergap Tim Intel Kodim 0203/Langkat bekerja sama dengan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Langkat, Jumat (4/1). Para pelaku digerebek dari warung kopi (warkop) milik salah seorang pelaku di Pasar III Luar, Dusun Adimulyo Hilir, Desa Emplasmen Kwala Mencirim, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Syamsul Alam. S. E didampingi Dan Unit Inteldim 0203/Langkat Lettu Arm Defrinal menyebut adapun yang diamankan yakni M. Ridwan (49) yang berprofesi sebagai supir angkot Medan-Binjai, warga Jalan Rumbia, Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan. Kemudian  Supriadi Tarigan (42) supir angkot Medan-Binjai, warga Jalan Gumba, Pasar X Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara. Keduanya diamankan di lokasi saat mengkonsumsi narkoba sabu.

Lalu Juwarni (48) selaku pemilik warung kopi, warga Pasar III Luar, Dusun Adimulyo Hilir, Desa Emplasmen Kwala Mencirim, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat juga turut diamankan karena warungnya dijadikan tempat bertransaksi dan pemakaian sabu. Hendrik (40) penarik becak, warga Jalan Imam Bonjol, Gang Balai, Kelurahan Setia, Kec Binjai Kota yang juga memakai sabu dan Rizaldi (34) warga Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota. Dirinya diamankan dari lokasi saat membeli narkoba.

Penangkapan kelimanya berawal adanya informasi dari masyarakat yang masuk ke Unit Inteldim 0203/Langkat, Kamis (3/1) menyebutkan bahwa di kawasan tersebut ada salah satu warung yang diduga kerap dijadikan lokasi tempat nyabu. Selanjutnya Dan Unit Inteldim 0203/Langkat Lettu Arm Defrinal melakukan undercover (penyamaran) ke sasaran.

Kemudian dilakukan pemetaan untuk mencari dan menemukan sasaran kurir atau bandar narkoba yang bernama Remi Surbakti alias Miah (43) warga Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan, dengan tempat yang dijadikan transaksi dan pengedaran. “Bahkan ada yang mau membayar atau menyaru setelah mendapat agen untuk pembeli,” terangnya.

BACA JUGA  18 Ribu Korban Tewas Per Tahun Akibat Narkoba

Lalu Tim Unit Inteldim 0203/Lkt dan dibackup oleh 2 orang anggota BNN Kabupaten Langkat. Setelah menerima penjelasanan dari Pasi Intel dan Dan Unit terkait sasaran dan pembagian tugas di lapangan, dan hasil under cover  menerima informasi dari kurir, yaitu Remi Surbakti alias Miah, minta bertemu dan sudah bisa berhubungan dengan agen. “Selanjutnya, Tim bergerak menuju sasaran langsung menuju TKP tepatnya di warung Juwarni,” timpal Defrinal.

Pada saat dilakukan penggerebekan ke TKP, kata Defrinal, seorang pelaku bernama Miah berhasil melarikan diri. Meskipun ada yang kabur, dari penggerebekan dan penggeledahan yang ikut disaksikan oleh Kepling setempat, Tim Gabungan berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu dengan berat 4,5 gram dan plastik bening kecil berisi sabu seberat 0,8 Gram dengan total 5,3 gram, 1 timbangan elektrik, 2  KTP, 1 paspor, 4 mancis, 3 pipet, 2 alat isap sabu (bong), 2 bungkus kantong plastik klip kecil 100 buah dan 2 alat hisap sabu lengkap dengan kaca pireknya,.

Selanjutnya, dengan didampingi Kepling, Tim Gabungan juga melakukan penggerebekan di rumah Miah di Lingkungan Kongsi, Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan, tetaoi tidak didapati barang bukti apapun.

“Guna pemeriksaan lebih lanjut, barang bukti beserta para tersangka diboyong ke Makodim 0203/Langkat, dan selanjutnya diserahkan kepada BNN Kabupaten Langkat,” tandasnya. (ts/rel)

Loading...
loading...