Bus Sutra Terbalik, 1 Penumpang Tewas, 10 Luka-Luka

821
tobasatu.com, Pancurbatu | Bus Sutra terbalik di Jalan Jamin Ginting KM 23-24 Desa Tiang Layar, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten. Deli Serdang. Kecelakaan ini memyebabkan seorang penumpang tewas dan 10 lainnya luka-luka.
Bus Sutra  BK 7108 SC yang dikemudikan Sastrawan Ginting (30), warga Medan terbalik, Minggu (27/1). Kecelakaan  diduga karena sopir bus Sutra kehilangan kendali usai mendahului kendaraan di depannya. Data diterima dari kepolisian, Senin (28/1) siang, korban yang meninggal dunia yaknI Wendo Praminto Sitopu (22), warga Jalan Rondahaim Desa Pematang Raya,  Kecamatan Raya,  Kabupaten Simalungun.
Korban luka yakni Romawarni Saragih (21), warga Desa Baringin Raya, Kecamatan. Raya, Kabupaten Simalungun mengalami luka koyak di bagian tangan kanan dan kaki kanan dirawat di Puskesmas Pancurbatu. Sony Tarigan (24), warga Desa Namopuli,  Kecamatan Pancurbatu L, mengalami luka lecet di kaki kanan, paha kaki terasa sakit dan diketahui berobat di Klinik Pratama Bandung Desa Tiang Layar.
Sri Ulina Depari (20), warga Desa Seintis, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, mengalami siku tangan kanan dan kiri luka lecet, tangan kanan dan pinggang terasa sakit, kaki kanan luka lecet dan diketahui berobat di Klinik Pratama Bandung Desa Tiang Layar, Pancurbatu.
Selanjutnya, Alfani Humaya  (17), warga Jalan Mustama Lubis Desa Lama,  Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang, mengalami luka lecet di pipi sebelah kiri, kuping terasa sakit, tangan kanan luka lecet, kaki kiri luka lecet dan diketahui berobat di Klinik Pratama Bandung Desa Tiang Layar.
Gana Andre Sitompul (20), warga Desa Namoriam, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten. Deliserdang,  mengalami sakit di bagian pinggang,  Alvin Sembiring (19), warga Desa Pertampilan,  Kecamatan Pancurbatu,  Kabupaten Deliserdang, mengalami sakit di bagian pinggang.
Ray Syahputra (18), warga Jalan  SM Raja Gang Pulau Harapan, Kel Sitirejo I, Kecamatan Medan Amplas,  Medan,  mengalami tangan luka koyak, kening luka koyak, bibir atas luka koyak, kepala belakang luka koyak, kaki luka lecet dan diketahui dirawat di Klinik Pratama Bandung Desa Tiang Layar. Rizky Pradila (15), warga Jalan Brigjen Zein Hamid Gang Sepakat, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor,  mengalami kaki kiri diduga patah tulang, mata kaki kiri luka korak, kaki kanan lecet dan diketahui dirawat di Klinik Pratama Bandung Desa Tiang Layar.
Andre Kurnia Sembiring (15), warga Desa Durin Tonggal,  Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, mengalami tangan kiri terasa sakit, dan Elisia Sipayung (22), warga  Pancur Siwah Simpan Pos Medan mengalami tangan kanan terasa sakit.
Sebelum terjadinya lakalantas tersebut diketahui Bus Sutra BK 7108 SC datang  dari arah Berastagi, Tanah Karo menuju arah Medan. Setibanya di TKP yang saat itu kondisi jalan bagus, lurus, turunan, cuaca hujan deras, arus lalulintas di jalur Berastagi – Medan ramai, serta arus lalu lintas di jalur Medan – Berastagi sepi, sopir Bus Sutra berbelok ke kanan untuk mendahului Mobil Avanza yang ada di depannya.
Setelah posisi sudah melewati garis pembatas jalan, sopir  Bus Sutra BK 7108 SC  kembali berbelok  ke kiri untuk  masuk ke jalurnya. Secara bersamaan, datang kendaraan dari arah berlawanan (Medan-Berastagi), hingga membuat sopir bus Sutra kehilangan kendali. Bus Sutra pun akhirnya  terbalik. Begitu kejadian, sopir bus Sutra langsung melarikan diri.
Warga sekitar yang melihat kecelakaan itu berdatangan ke lokasi kejadian berusaha memberi pertolongan, sekaligus melaporkannya ke Poslantas Polsek Pancur Batu. Tak lama kemudian, petugas Poslantas Polsek Pancur Batu turun ke TKP melakukan penanganan.
Selanjutnya, seluruh penumpang yang tewas dan luka-luka dibawa ke rumah sakit. Sedangkan bus Sutra yang sudah dalam keadaan ringsek tersebut, diamankan ke Mapolsek Pancur Batu.
Kapolsek Pancur Batu Kompol Faidir Chan, SH MH melalui Kanit Lantas Iptu Pol Sehat Sinulingga ketika dikonfirmasi mengatakan, penyebab kecelakaan itu diduga karena sopir bis Sutra kehilangan kendali usai mendahului kendaraan di depannya.
“Korban yang tewas dan luka-luka langsung dievakuasi ke rumah sakit. Untuk proses lanjut, bus Sutra BK 7108 SC kita amankan ke mako, sedangkan sopirnya masih kita lacak keberadaannya,” ujar Sehat. (Ts-22)
Loading...
loading...