Massa KOMPAS Unjuk Rasa di Kantor Kemenag Sergai, Ini Tuntutannya

617

tobasatu.com, Sergai | Sekitar puluhan  masyarakat dari berbagai elemen yang tergabung dalam Komunitas Masyarakat Pembela Aspirasi (KOMPAS) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), melakukan aksi damai di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sergai, di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Senin (28/1/2019) .

Aksi damai diterima langsung oleh H.Masjuki, S.Pd, I sebagai Kasi Bimas Islam, H.Saripuddin daulay, S.Ag,M.Pd sebagai Kasubag Tata Usaha, H.Zulkifli Sitorus, S.Ag sebagai Kasi Haji dan Umroh, dan H.Yusuf Barus, SE sebagai Kasi Pendidikan Islam.

Berbagai element masyarakat yang tergabung pada komunitas tersebut di antaranya Komando Inti (KOTI) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Sergai, Forum Silaturahmi Mahasiswa (Forsil) Sergai, PD Al-Washliyah, JPRMI, FUIB dan Alumni PPQ.

Dedi Irwansyah dalam orasinya menyebut kedatangan mereka untuk minta penjelasan mengapa dan apa sebenarnya terjadi, jangan jadi korban putra terbaik Sergai. Rasa solidaritas yang tinggi dari teman-teman semuanya dan menghormati putra-putra terbaik Sergai yang dipindahkan/mutasi bukan ditempatkan pada tempat terbaik, karena di Sergai menjunjung tinggi slogan Bersaudara. “Kita perjuangkan arti persaudaraan,” katanya.

Muhammad Leno, S.Ag, yang sebelumnya di Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sei Rampah, baru 2 (dua) bulan bertugas tanpa sebab dimutasi ke KUA Kecamatan Silindak. H.Kuswan, sebelumnya KUA Dolok Masihul dimutasikan ke Kecamatan Kotarih. Lalu Zainal Haris, sebelumnya KUA Kecamatan Pantai Cermin,  sekarang malah nonjob.

“Jangan sentimen hingga memuat kepentingan politis. Persoalan ini akan kita sampaikan secara struktural kepada pimpinan Kemenag Sumut dan menyurati Presiden RI,” tambah Dedy.

Sementara  Kassubag Tata Usaha Kemenag Sergai, menyampaikan terimakasih atas sosial kontrol dan supaya tuntas dan jelas apa permasalahan dan mengajak 5 perwakilan aksi damai masuk ke ruangan untuk berdialog.

“Keputusan Kanwil Kemenag Sumut itu tidak akan terjadi jika tidak ada rekomendasi dan informasi dari Kemenag Sergai. Saya titip pesan kepada Kakan Kemenag, kita tunggu waktu 2×24 jam jika tidak ada keputusan, kita kembali bawa massa lebih banyak,” kata Dedy ketika berdialog.

Ucapan senada disampaikan Gobel Hermanto, bahwa Leno adalah seorang  Kader Komando Inti (KOTI) PP terbaik, menduduki jabatan sebagai Sekretaris Koti PP. “Kami siap menyelesaikan konflik ini agar tidak ada lagi yang tidak baik di Kabupaten Serdang Bedagai. Kami menunggu jawaban yang pasti. Jika tidak ada, jawaban dari Kemenag Sergai, siap mengerahkan seluruh kader Koti PP Sergai,” tegas Gobel. (ts-18)

Loading...
loading...