Manager Geosite Kaldera Toba Akan Diusulkan Oleh Kepala Daerah

231
Geopark Kaldera Toba di kawasan Sipinsur, merupakan bagian dari point GKT yang diusulkan masuk menjadi Geopark Global Network di bawah naungan UNESCO. (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKD) akan kembali merekrut para manager geosite, kali ini dengan melibatkan bupati /walikota di daerah terkait.

Menurut Kepala BPGKD Wan Hidayati, perekrutan manager geosite dengan melibatkan kepala daerah ini dimaksudkan guna memperbaiki kelemahan yang selama ini dihadapi.

“Manager ini nanti yang mengusulkan Bupati dan kita yang meng-SK-an. Kita berharap para manager yang direkomendasi oleh pak Bupati adalah figur-figur tepat yang bisa bekerjasama untuk memajukan dunia pariwisata kita terutama dalam hal mensukseskan GKT terdaftar dalam Unesco Global Geopark (UGG),” tutur Wan Hidyati saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi B DPRD Sumut, Selasa (12/2/2019).

Dikatakan Hidayati, kesuksesan GKT terdaftar dalam UGG tak lepas dari dukungan berbagai pihak termasuk dewan, masyarakat dan juga tim yang solid dalam BPGKT. Bagi Hidayati, tanggungjawab dirinya sebagai GM BPGKT melanjutkan GM sebelumnya merupakan amanah yang diembannya.

Hidayati pun mengaku tidak ambil pusing jika jabatannya sebagai GM nantinya dilepas jika pimpinan menghendakinya.

“Kalau saya yang penting amanah ini saya pegang dan bekerja sunguh-sungguh. Insya Allah dan mari sama-sama kita berdoa agar GKT terdaftar dalam UGG. Rencananya pengumuman dilakukan pada April 2019 nanti. Ya kalau setelah nanti masuk dalam UGG semua ya kembali kepada pimpinan apakah saya masih diberi amanah atau tidak. Yang terpenting saat ini saya fokus untuk melaksanakan tanggungjawab saya,” terang Hidayati lagi.

Saat disinggung, jabatan dirinya yang sebagai Kadis Pariwisata Sumut, dia mengaku tidak mengganggu.

“Kembali saya katakan semuanya tergantung pimpinannya. Tapi yang jelas di beberapa daerah seperti Kawasan Geopark Rinjani GM nya Kepala Bappeda dan kawasan Geopark Ciretuh GM Kadis Pariwisata. Karena memang manager ini harus memiliki power termasuk juga soal penganggaran,” pungkasnya.

BACA JUGA  DPRD Sumut Ancam Gunakan Hak Interpelasi Terkait Pendamping Gubernur

Terkait wacana agar para manager geosite diusulkan Bupati diapresiasi para wakil rakyat dari Komisi B DPRD Sumut. Mereka berharap dengan rekomendasi langsung Bupati para manager geosite lebih bersinerji dan dapat bekerja maksimal.

“Tentu kita setuju dengan ide itu. Kalau manager geositenya yang mengusulkan Bupati tentunya mereka akan lebih merasa memiliki dan bertanggungjawab terhadap kerjanya,” ujar anggota DPRD Sumut Richard. (ts-02)

Loading...
loading...