Kerukunan Umat Beragama Faktor Penting Mencapai Kesejahteraan

841
tobasatu.com, Sergai | Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Serdang Bedagai melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (19/2/2019).

Acara  dihadiri oleh Wakil Bupati Sergai H.Darma Wijaya,Pengurus FKUB Provsu H.Taufiqur Rahman, Ketua MUI Sergai H.Lukman Yahya,mewakili Kakan Kemenag Sergai Dr. Sarmadan Noor, Ketua FKUB Sergai Drs.H.Irfan L.Fuadi Lubis, Ketua Majelis Agama Sergai, Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu, Ketua Organisasi Kemasyarakatan Islam, PD Muhammadiyah, PD Al-Wasliyah, PC, NU, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan para undangan lainnya.

Wakil Bupati Sergai H.Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan, kerukunan umat beragama merupakan faktor penting untuk mencapai sebuah kesejahteraan hidup di negeri ini.

Oleh karena itu, dengan keberagaman yang dimiliki harus bisa dikelola dengan baik agar keharmonisan yang berlangsung selama ini dapat terjaga dari ancaman, gesekan dan konflik sosial.

Kenyataannya bahwa unsur keagamaan dijadikan sebagai pemicu serentak sasaran konflik, baik pada tingkat lokal dan nasional maupun internasional.

Tentunya ini memprihatinkan dan mencemaskan bagi masyarakat khususnya Kabupaten Sergai yang majemuk.

“Karena itu kita harus menjaga tali persaudaraan, kekeluargaan, kerukunan, perdamaian dan ketentraman serta kebersamaan,” papar Wabub.

Kabupaten Serdang Bedagai, lanjut Wabup, memiliki keberagaman agama dan suku bangsa, tentu kerukunan dan keharmonisan kehidupan masyarakat menjadi kebutuhan primer sekaligus tantangan bagi seluruh pihak untuk bisa mempertahankannya.

Diera globalisasi persaingan bebas dunia bukan hanya dibidang ekonomi saja, tetapi juga hegemoni.

“Terkadang kegaduhan yang terjadi beberapa waktu belakangan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang sangat mengkhawatirkan,” jelas Darma Wijaya.

Untuk itu Wabup berharap, agar pengurus FKUB Kabupaten Sergai dapat meningkatkan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam kehidupan beragama, serta jangan terpancing isu-isu dari oknum tak bertanggung jawab.

BACA JUGA  Konflik Bisa Diminimalisir Jika Pemimpin Mengikuti Ketentuan yang Berlaku

“Dan dapat menjadi wadah bersama dengan pemerintah dalam menciptakan masyarakat yang menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan beragama, serta dapat menyusun program kerja yang sejalan dengan visi misi serta situasi dan kondisi Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai,” harapnya.

Sebelumnya Ketua FKUB Sergai Drs.H.Irfan L.Fuadi Lubis mengucapkan sekarang ini suasana di Kabupaten Serdang Bedagai sangat kondusif, walau terkadang terdapat sedikit permasalahan, namun masih dapat dicegah.

“Alhamdulillah kerjasama FKUB dengan pemerintah sangat baik menangani konflik, mengingat ini tahun politik saya berharap kepada tokoh agama dan masyarakat bisa memberikan masukan dan pemahaman kepada masyarakat bahwa berbeda pilihan itu hal yang biasa,” ujarnya. (ts-18)

Loading...
loading...