Pimpinan DPRD Medan Minta Wali Kota Benahi Infrastruktur

207
Ilustrasi jalan rusak. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan |  Pemerintah Kota Medan diminta segera membenahi infrastruktur jalan dan drainase di sejumlah kawasan jalan utama Ibu kota Provinsi Sumut ini yang mengalami kerusakan.

Harapan itu seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, beserta Ketua DPRD Medan, Henry John Hutagalung, ketika meninjau jalan rusak, di Jalan Teuku Umar, Medan Petisah, Rabu (20/2/2019).

Dalam kunjungan kerja itu turut hadir sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan, di antaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Isha Anshari, dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M. Husni.

“Kawasan Jalan Teuku Umar ini kalau sudah hujan akan banjir, sehingga menyulitkan warga untuk melintas. Kita harapkan Pemko Medan agar segera melakukan pembenahan dengan cepat,” kata politisi Partai Golkar yang akrab disapa Nanda itu.

Sambung Nanda, bahwa persoalan kawasan Jalan Teuku Umar dan sekitarnya sudah lama terjadi, tapi belum pernah ditindaklanjuti oleh Pemko Medan.

“Di sini saya lahir dan besar sampai menjadi wakil rakyat, tapi persoalan ini pun tak pernah tuntas. Padahal daerah ini merupakan kawasan inti Kota Medan, tapi masih banjir,” ucap Nanda.

Ia berharap adanya wujud kepedulian nyata dari Pemko Medan, dalam hal ini Walikota Medan, agar bisa menurunkan tim dengan cepat.

“Malu kita jalan-jalan Kota Medan masih ada tergenang kalau hujan. Dan kawasan Jalan Teuku Umar ini ada ikon kuliner Kota Medan juga. Bagaimana dilihat orang yang datang kalau banjir? Apa tidak malu,” katanya.

Ia juga saat itu pun berharap kepada pejabat Pemko Medan yang hadir agar bisa mengatasi dengan cepat. “Kalau bisa lakukan pengorekan parit terlebih dahulu. Atau kita sama-sama bergotong royong, saya akan turunkan tim dan nanti pun akan saya sumbang tong sampah agar kawasan ini bersih,” ucap Nanda.

BACA JUGA  Dianggarkan Rp16 Miliar, Revitalisasi Pasar Muara Takus Perlu Dikaji Ulang

Sedangkan Ketua DPRD Medan, Henry John Hutagalung, mendukung langkah tersebut serta memberikan solusi. Menurut dia sistem drainase di daerah itu sudah tersumbat akibat limbah dan sisa makanan karena marak rumah makan.”Dan sebagian warganya juga telah membuat beton sehingga air sulit mengalir. Jika warga mengizinkan, nantinya seluruh beton di depannya dibongkar dulu lalu dilakukan pengorekan,” kata Henry Jhon.

Menyikapinya, Kadis PU Kota Medan, Isha Anshari, mengatakan bahwa pihaknya siap menurunkan timnya agar segera dilakukan pengerjaan.

Isha mengungkapkan kawasan Jalan Teuku Umar ini menjadi perhatian pihaknya. Kesulitan mereka nantinya karena di daerah itu warga sudah membuat beton atau titi beton, sehingga saluran pembuangan air tidak bisa mengalir.

“Jika warga mau, ya kita bongkar titinya setiap rumah, lalu dibersihkan sampah atau dikorek sehingga bisa diatasi dengan cepat,” katanya.

Kadis Pertamanan dan Kebersihan Medan, M. Husni mengatakan bila hal itu dilakukan, maka pihaknya juga akan menurunkan tim untuk melakukan pembersihan sampah yang telah menumpuk. “Kita juga akan memperbaiki lampu penerangan jalan yang rusak di sekitar kawasan Jalan Teuku Umar dan sekitarnya,” ungkap Husni. (ts-02)

Loading...
loading...