Wabup Asahan Cek Kesiapan KPU dan Pelipatan Surat Suara

519

tobasatu.com, Asahan | Dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu tanggal 17 April 2019, Wakil Bupati Asahan H Surya BSc, Senin (25/3) melakukan monitoring ke Kantor KPU Asahan.

Surya didampingi oleh Asisten II, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Kepada KPU, Surya menyampaikan agar mempersiapkan apa saja peralatan yang menjadi keperluan dalam pemilu serentak nantinya.

Surya turut menanyakan KPU Asahan terkait persiapan pemilu, apakah ada kesulitan dalam proses pengerjaannya. Setelah melakukan monitoring di Kantor KPU Asahan, Surya menyempatkan untuk melihat langsung proses pelipatan kertas surat suara di Gedung Logalistik KPU Asahan di Kel Kedai Ledang, Kec Kota Kisaran Timur.

“Saya mengimbau kepada para pekerja pelipat kertas surat suara untuk mengecek kembali surat suara sebelum dilipat,” ungkap Surya.

Selain itu, Surya mengimbau seluruh masyarakat di Asahan datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilu serentak nantinya.

Sementara itu Ketua KPU Asahan Hidayat SP, mengungkapkan belum ada terkendala dalam menyiapkan pemilu.

“KPU Asahan akan mendistribusikan surat suara pada tanggal 10-16 April 2019 ke PPK. Selanjutnya PPK akan mendistribusikannya ke PPS dan PPS akan menyerahkannya kepada TPS. Untuk surat suara saat ini lagi dalam proses pelipatan dan diperkirakan selesai pada akhir Maret 2019 mendatang,” ujar Hidayat.

Surat suara yang diterima oleh KPU Kab. Asahan berjumlah dengan jumlah DPT ditambah 2 persen surat suara cadangan. “Untuk surat suara Presiden, Wakil Presiden serta DPD, masih menunggu kedatangannya,” ujarnya.

Hidayat mengatakan nantinya akan menggunakan 2 jenis bilik suara yakni karton dan alumunium. (ts-23)