Gerakan Pramuka untuk Persiapkan Generasi Muda yang Berkarakter

359

 

tobasatu.com, Sergai | Dalam membangun bangsa dan manusia yang memiliki karakter bukan hanya membangun generasi cerdas akan ilmu pengetahuan, tetapi juga generasi muda yang tangguh kepribadiannya serta luhur budi sepertinya.

Hal ini dikemukakan oleh Bupati Ir H Soekirman selaku Kepala Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kabupaten Sergai disela-sela pelantikan Pengurus Kwartir Ranting, Mabigus dan Pembina Gugus Depan di jajaran kwartir cabang gerakan pramuka Sergai Tahun 2019,  di lapangan Deli Muda Kecamatan Perbaunngan, Sabtu (6/4).

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wakapolres Sergai Kompol Henri Ritson Sibarani, SE, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kepala OPD, Ketua Kwartir Cabang, Kwartir Ranting serta seluruh jajaran pengurus gerakan pramuka se-Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Soekirman bahwa pelantikan ini merupakan langkah awal bagi untuk memajukan gerakan pramuka di wilayah Sergai. “Apresiasi yang tinggi kepada Ketua Kwartir Cabang beserta jajarannya yang tèlah berperan aktif dalam berbagai kegiatan pramuka mulai dari tingkat Gudep, Kwartir Ranting, Cabang, Daerah sampai dengan Kwartir Nasional bahkan internasional. Tantangan bagi para pembina pramuka saat ini adalah harus selalu kreatif dan inovatif dalam tugasnya membina peserta didik agar mereka bangga menjadi anggota pramuka apalagi generasi milenial saat ini sedang dihadapkan pada dua masalah besar,” ujarnya.

Adapun masalah tersebut, pertama, masalah sosial yang mencakup penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan kekerasan. Kedua, masalah kebangsaan dalam bingkai NKRI antara lain menurunnya solidaritas sosial, semangat berkebangsaan yang berdampak pada menurunnya semangat bela negara.

Oleh karenanya, melalui gerakan pramuka  mempersiapkan generasi muda yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa, profesional, unggul, kreatif, inovatif, bertanggungjawab dan berkelanjutan sehingga mereka terhindar dari dua permasalahan besar yang tengah dihadapi tersebut.

“Saya yakin dan percaya dengan kerjasama dan sinergi yang baik kita akan membawa gerakan pramuka cabang Sergai menjadi salah satu yang terbaik di tingkat daerah maupun nasional bahkan internasional,” katanya.

Soekirman berpesan kepada seluruh pengurus yang baru dilantik, untuk menlankan tugas dan tanggungjawab sesuai amanah UU RI No. 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka. Dalam penyelenggaraan sebuah organisasi ada 7 komponen pengembangan yaitu, organisasi, program dan kegiatan, SDM, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan serta pemantauan dan evaluasi.

Untuk itu diharapkan ketujuh komponen tersebut dapat bersosialisasi serta dipahami oleh seluruh pengurus sehingga program kerja yang disusun dapat lebih terarah tujuannya. Ingatlah selalu moto gerakan pramuka, “Satyaku ku darmakan,  darmaku ku baktikan”.  Melaksanakan tugas dan bekerja dengan ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana.  (ts-18)

Loading...
loading...