Tunjukkan Kepedulian Membantu Mengamankan Kepentingan Petani

92

tobasatu.com, Sergai | Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman mengapresiasi dan mengungkapkan rasa kagum dengan kerja keras para penyuluh yang dibuktikan pada pelantikan enam Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) yang ada di Sergai ibarat enam daerah pemilihan pada pemilihan umum (Pemilu).

Demikian disampaikan Bupati Soekirman pada acara Pelantikan DPD/DPC Perhiptani Kabupaten Sergai Tahun 2019-2024 di Unit Pelaksanaan Teknis Badan-Balai Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (UPTB-BPKP) Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan, Kamis (11/4).

Dikatakan Soekirman, dengan adanya enam Balai Penyuluh Pertanian (BPP) tersebut diharapkan nantinya ada enam wakil rakyat yang peduli kepada petani dan penyuluh yang menjadi pilihan. Hal demikian agar konsep-konsep dasar peningkatan pertanian dapat dibawa dan diperjuangkan melalui kursi legislatif sehingga kesejahteraan petani dan penyuluh dapat ditingkatkan.

Soekirman yang menjabat sebagai Ketua DPW Perhiptani Sumut menyampaikan ciri penyuluh adalah jika belum dapat, maka belum berhenti. Artinya jika belum dapat menyejahterakan masyarakat, maka belum akan berhenti bekerja.

“Adanya perwakilan TNI/Polri hari ini menunjukkan kepedulian sebagai pemangku kepentingan yang membantu mengawasi serta mengamankan kepentingan para petani agar dapat tersalur dan berjalan sesuai peruntukannya,” ujarnya.

Tentang hal Perhiptani, lanjutnya, bahwa di Sumut sangat konsisten Perhiptani bekerja dengan ikhlas dan cerdas karena banyak ukiran sejarah penyuluh dapat menjadi orang besar. Seperti Ketua Umum Perhiptani Pusat H. Isran Noor yang menjadi Gubernur Kalimantan Selatan saat ini.

“Kunci dalam menyampaikan program penyuluh adalah perbanyak komunikasi, bekerja keras dan memahami kebutuhan petani serta stakeholder sehingga dapat mencapai tujuan perjuangan bersama yaitu Perhiptani Maju, Petani Jaya, Penyuluh Sejahtera,” ungkapnya.

Soekirman berharap bahwa program yang mempersatukan kita harus terus dilaksanakan dan digagas agenda berikutnya sesuai visi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan dengan mensukseskan Pemilu, Pekan Pertanian Daerah, Anjangsana Pelajar dengan Petani Malaysia dan Thailand yang bersama secara bergotong royong mewujudkannya.

Dikesempatan yang sama Wakil Ketua DPW Perhiptani Sumut yang juga Wabup Tapanuli Selatan Ir H Aswin Effendi Siregar, MM menyampaikan bahwa Penyuluh Pertanian Sergai telah mengalami banyak kemajuan, hal yang diuntungkan jika Bupati yang memimpin daerah tersebut adalah juga petani.

Oleh karenanya peran aktif DPD sangat baik dengan dilaksanakannya juga pelantikan enam DPC Perhiptani tingkat Balai Penyuluh Pertanian (BPP) sehingga menjadi wadah dalam meningkatkan kesejahteraan penyuluh dan petani.

Mengakhiri sambutannya Aswin Effendi menyampaikan bahwa banyak contoh yang didapat dari Sergai melalui pertanian dalam arti luas. Ini hendaknya dapat dicontoh oleh daerah lain yang sangat harmonis serta kompak, juga semangat penyuluh disini menjadi motivasi penyuluh di Sumut dan Indonesia secara luas, katanya menutup sambutan.

Kemudian Ketua terpilih DPD Perhiptani Sergai Periode 2019-2024 Radianto, SP, MMA memohon doa dan restu dari Pengurus DPW Perhiptani dan menyatakan kesiapan melaksanakan serta membina kesejahteraan petani dan penyuluh pertanian agar lebih baik di seluruh Indonesia.

Hal ini sesuai motto Perhiptani yaitu Perhiptani Maju, Petani Jaya, Penyuluh Sejahtera. Pelantikan DPD/DPC Perhiptani ini berdasarkan SK Pengurus DPW Perhiptani Sumut Nomor 70/SK/DPW Perhiptani/I/2019 dan SK DPD Perhiptani Sergai Nomor 001/SK/DPD-Perhiptani/Sergai/IV/2019. Sedangkan terpilih sebagai Sekretaris Perhiptani Sergai adalah Almadias SP dan Bendahara Bungaria Sihaloho, SP.

Hadir juga dalam kegiatan Kadis Pertanian Sergai Radianto, SP, MMA, perwakilan Polres Sergai dan Kodim 0204/DS, tokoh pemuda Dimas Triadji, serta Pengurus DPD/DPC Perhiptani se-Sergai. (ts-18)

Loading...
loading...