Wali Kota Tinjau Sejumlah TPS di Kota Medan

422
Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersama Wakil Wali Kota Akhyar Nasution dan Sekda Wiriya Alrahman meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2019.

tobasatu.com, Medan | Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  MH bersama Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi dan Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahaman meninjau sejumah TPS di Kota Medan, Rabu (17/4/2019).

Peninjauan yang dilakukan usai melakukan pencoblosan di TPS 112 Komplek Citra Wisata, bertujuan untuk melihat sekaligus memastikan pelaksanaan Pemilu 2019 untuk memilih calon legislatif (caleg) maupun calon presiden (capres) dan calon wakil presiden  (cawapres) di Kota Medan berjalan dengan aman dan lancar.

Ketika melakukan peninjauan, Wali Kota kompak bersama Wakil Wali Kota serta Sekda mengenakan kemeja putih dipadu celana hitam. Di samping itu lagi, Wali Kota dan Wakil Wali Kota memakai topi, sedangkan Sekda tanpa menggunakan topi. Adapun pertama yang ditinjau adalah TPS 001 Jalan KH Zainul Arifin, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia.

Bersamaan itu sekitar pukul 10.00 WIB, Gubsu Edy Rahmayadi bersama sejumlah unsur Forkompimda Sumut dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) tiba di lokasi. Kedatangan Gubsu bersama rombongan langsung disambut Wali Kota bersama Wakil Wali Kota dan Sekda yang dilanjutkan dengan peninjauan.

Di  TPS 1 terdapat 244 jumlah pemilih sesuai daftar DPT namun yang telah melakukan pencoblosan saat penijauan berlangsung baru 102 pemilih.

Gubsu sempat melakukan perbincangan dengan petugas KKPS terkait dengan pelaksanaan pemilihan yang dilakukan. Dari penjelasan singkat, petugas KPPS mengatakan pelaksanaan pemilihan berjalan dengan aman dan lancar meski belum seluruh pemilih yang namanya masuk dalam DPT melakukan pencoblosan.

Dalam peninjauan yang dilakukan tersebut, baik Gubsu beserta rombongan maupun Wali Kota sempat bertemu dengan dengan salah seorang pemantau asing yang juga melakukan pemantauan guna melihat proses pemilihan caleg maupun capres dan cawapres di  TPS 1.

BACA JUGA  Walikota Menghadiri Upacara Peningkatan Status Polresta Medan menjadi Polrestabes Medan

Peninjauan yang dilakukan Gubsu beserta rombongan tidak berlangsung lama, selang 15 menit kemudian mereka pun meninggalkan TPS 1 guna melanjutkan peninjauan di TPS lainnya. Sepeninggalan Gubsu dan rombongan, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota dan Sekda kemudian melanjutkan peninjaun ke TPS 1 Jalan Taruma, Kelurahan  Petisah tengah, Kecamatan Medan Petisah.

Di tempat itu terdaftar 219 pemilih yang terdaftar dalam DPT dengan perincian sebanyak 115 pemilih perempuan dan 104 pemilih lelaki. Wali Kota selanjutnya menyapa warga yang tengah menunggu antrian untuk melakukan pencoblosan di bilik suara.

Menurut salah seorang petugas KPPS kepada Wali Kota, pelaksanaan pemilihan sejauh ini berjalan dengan lancar tanpa kendala sedikit pun. Wali Kota pun berpesan agar petugas KPPS bekerja dengan baik dan penuh semangat untuk melayani seluruh pemilih sehingga proses pemilihan dapat berjalan dengan lamcar hingga dilakukan penghintungan.

Setelah itu Wali Kota melanjutkan peninjauan TPS lainnya yang ada di Jalan Taruma, sebab ada 8 TPS yang disediakan untuk menampung warga yang ingin menggunakan hak pilihnya guna memilih caleg maupun capres dan cawapres sesuai pilihan hati. Setelah itu peninjauan dilanjutkan ke 5 TPS lainnya di Kecamatan Medan Baru. Dengan demikian total peninjauan yang dilakukan sebanyak 14 TPS dari 3 kecamatan di Kota Medan.

“Alhamdulillah, sejauh ini pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan dengan lancar.  Di samping itu antusiasm masyarakat mengikuti Pemilu juga terlihat tinggi. Dari sejumlah TPS yang kita datangi, warga tampak  ramai dan rela antri di TPS menunggu giliran untuk melakukan pencoblosan,” kata Wali Kota.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu berharap kondusivitas pemungutan suara ini dapat terus terjaga hingga ke penghitungan suara nanti. Wali Kota pun berharap warga terus menjaga kekondusifan sehingga seluruh proses pesta demokrasi selesai dan menghasilkan caleg maupun capres dan cawapres terbaik. (ts-02)