Aksi Bersih Gunung Sibayak Bersama PT TSI dan Karodaily

1285

tobasatu.com, Berastagi | Hari Bumi 2019, PT Tirta Sibayakindo (TSI) dan Karodaily melakukan Aksi Bersih Bersih Sibayak.

Kagiatan itu juga dilaksanakan bersama Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) Sumatera Utara-Nanggroe Aceh Darussalam, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Karo, Dinas Lingkungan Hidup Kab Karo dan Koramil 03/Berastagi, Sabtu (27/4/2019) kemarin.

Diungkapkan Sahat Esron Siringoringo selaku Stakeholder Manager PT TSI, didampingi CSR Manager PT TSI Darmadi, kegiatan bernuansa kepedulian terhadap GA Sibayak yang
bersih merupakan satu bentuk dukungan pada dunia pariwisata.

“Yang utama tentu bagaimana membentuk pemahaman dan kepekaan kita terhadap upaya perbaikan lingkungan. Setelahnya, baru kita bicara tentang potensi pariwisata yang banyak memberikan manfaat bagi daerah kita,” katanya.

Esron yang juga menjabat Ketua Aspadin Sumut-NAD ini lebih jauh menekankan, kegiatan bersih-bersih Sibayak juga dipandang sebagai usaha membumikan rasa cinta terhadap lingkungan sejak dini.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana kegiatan Aksi Bersih GA Sibayak Nanang SS
menyinggung soal telah terjadinya degradasi lingkungan pada sejumlah titik di GA
Sibayak. Hingga jangan heran sebutnya, berbagai dampak negative pada GA Sibayak tadi
telah menutupi keindahan gunung itu.

Pria yang juga menjabat sebagai Pimpinan Redaksi portal berita karodaily ini juga mengatakan kegiatan Aksi Bersih GA Sibayak ditujukan sebagai media kampanye aktif Sibayak Bersih dan sarana edukasi bagi komunitas pecinta alam sebagai garda terdepan penyelamat GA Sibayak dari sampah.

Kegiatan itu melibatkan 50 orang peserta dari berbagai kalangan, diantaranya PT Tirta Sibayakindo (TSI), Karodaily, Aspadin Sumut-NAD, Koramil 03/Berastagi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo serta Pramuka binaan Koramil 03 Berastagi, tampak dibawa 50 kantong sampah baik organic maupun anorganik.

BACA JUGA  Dua Pengedar Narkoba di Tanah Karo Diciduk

“Kepada pengunjung, pendaki untuk bisa lebih aktif  melakukan pembersihan di sekitar kawasan Gunung Sibayak. Upayakan, begitu berangkat turun, di lokasi  pendirian tenda dapat bersih seperti sediakala,” harap Nanang.

Lanjutnya, kedepan karodaily akan melakukan serangkaian event yang dapat membuat
banyak pihak terlibat pada langkah-langkah penyelamatan lingkungan. (ts-05)