Seludupkan 14 Kilogram Narkoba, 2 WNA Ditembak Mati

828

tobasatu.com, Medan | Dua orang Warga Negara Asing (WNA) tewas ditembak personel Ditres Narkoba Polda Sumatera Utara karena berusaha menyeludupkan narkoba.

Keduanya pelaku yakni, KPP warga negara Malaysia dan S warga negara India. Selain dua orang ini, petugas juga mengamkan 14 orang warga negara Indonesia yang terlibat jaringan ini.

Ke empatbelas orang itu antara lain, MRI alias R, AS alias A, LHG alias A, a, ib,Y alias S, M alias A, M, FS, AM, IP, M dan I.

Dikatakan Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, para pelaku ini merupakan jaringan Internasional. “Mereka merupakan jaringan narkoba internasional, Myanmar, Srilanka, Malaysia dan Indonesia,” ungkapnya saat memaparkan kasus tersebut di RS Bhayangkara Medan, Senin (29/4/2019) siang.

Agus menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari dari informasi masyarakat pada Senin (8/4/2019) malam. Dimana ada dua orang laki-laki yang memiliki narkoba jenis sabu di Komplek Multatuli, Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun.

“Dari informasi itu, petugas unit 2 Subdit II Ditresnarkoba melakukan penyelidikan. Kedua tersangka berinisial MRI alias R dan AS alias A. Dari mereka diamankan 5 kg sabu,” katanya.

Berdasarkan temuan itu, petugas kemudian melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan 14 tersangka lainnya dalam waktu dan lokasi berbeda. Dua tersangka yang merupakan warga negara asing terpaksa ditembak mati, karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

“Tersangka KPP dan S (WNA) terpaksa ditembak mati, setelah sebelumnya tidak mengindahkan tembakan peringatan dari petugas. Total dari pengungkapan ini, disita 14 kilogran sabu-sabu yang rencananya akan diedarkan, dan berhasil menyelamatkan sekitar 140 ribu orang dengan asumsi 1 gram sabu untuk 10 pengguna,” tambahnya. (ts-05)

BACA JUGA  Ini Dua Mucikari Ayam Kampus Via BBM yang Diamankan Petugas Renakta Polda