Bea Cukai Musnahkan Barang Hasil Sitaan Bernilai Ratusan Juta Rupiah

143
Petugas Bea dan Cukai memaparkan barang-barang diantaranya alat kosmetik dan alat-alat kesehatan sebelum dilakukan pembakaran.(foto :tobasatu.com/ lee).

tobasatu.com, Belawan I Kantor Pelayanan Pratama Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Medan dan Kanwil Direktorat Jenderal  Bea dan Cukai (DJBC) Sumut, memusnahkan Barang Milik Negara (BMN), bernilai ratusan juta rupiah, Selasa (30/4/2019) siang.

Pemusnahan BMN dilakukan di Dermaga Bea dan Cukai Belawan, Selasa siang (30/4/2019).

 

Barang Milik Negara yang dimusnahkan diantaranya, obat-obatan alat kesehatan dan kosmetika, serta pakaian bekas bernilai Rp190 juta, dengan cara dibakar.

 

Kasi Penindakan dan Penyidikan Medan Edi Saputra mengatakan, pakaian bekas yang dimusnahkan termasuk dalam larangan impor sesuai peraturan Menteri Perdagangan  RI No.51/M-Dag/ per /7/ 2015 tentang larangan impor pakaian bekas.

 

Sedangkan terhadap komestik, obat-obatan dan alat kesehatan keseluruhan berjumlah 20.484 unit, dimana barang-barang tersebut kiriman personal lewat kantor pos yang nilainya lebih Rp75 juta, sehingga kerugian yang ditimbulkan merupakan kerugian immaterial dari barang berupa obat dan komestik yang berbahaya bagi masyarakat, dikarenakan belum teruji dan terdaftar di badan pengawas obat dan makanan.

 

Sementara itu, pengawas antaran barang-barang kantor Pos Medan Tarmizi menjelaskan, barang-barang obat-obatan alat kesehatan dan kosmetik dikirim via Pos dari China, Eropa, Amerika dan Malaysia, namun yang paling terbanyak dari China.

 

“Barang-barang yang dikirim termasuk bisnis online, kami hanya menerima saja kemudian kami serahkan ke Bea dan Cukai, karena izin keluarnya barangp-barang tersebut dari aparat Bea Cukai,” ungkap Tarmizi.(ts – 14)

BACA JUGA  Bea Cukai Tangkap Kapal Ikan Angkut 30 Ton Bawang Merah Selundupan
Loading...
loading...