DPRD Asahan Usulkan H. Surya Menjadi Bupati Asahan Definitif

281
tobasatu.com, Asahan | DPRD Asahan secara resmi sudah mengusulkan untuk pengangkatan H Surya menjadi Bupati Asahan definitif.
Ketua DPRD Kabupaten Asahan H Benteng Panjaitan mengatakan pihaknya sudah menjalankan mekanisme dengan cepat, mulai dari membahas surat dari Kemendagri soal kematian H Taufan Gama Simatupang selaku Bupati Asahan di Banmus, sampai dengan pengusulan H Surya menjadi Bupati Asahan definitif di paripurna.

Setelah paripurna, jelas Benteng, berita acaranya akan langsung diserahkan kepada Kemendagri melalui Gubernur. Kemudian tinggal menunggu hasil persetujuan dari Kemendagri soal usulan pengangkatan H Surya menjadi Bupati  Asahan definitif.

“Kalau sudah disetujui, berarti tinggal menunggu kegiatan pelantikan saja,” katanya.

Benteng juga mengungkapkan, hasilnya akan diserahkan kepada Pemkab Asahan untuk dilanjutkan kepada Pemprov Sumut dan diteruskan ke Kemendagri.

“Nanti dari Kemendagri turun surat keputusan bupati definitif kepada gubernur dan baru dilakukan pelantikan,” bebernya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Asahan, H Surya mengaku kaget dan tak menduga akan diusulkan menjadi Bupati Asahan definitif saat Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi soal RAPBD 2019.

“Sebetulnya saya tidak menduga diusulkan hari ini (kemarin, Red) oleh DPRD Asahan. Tentunya saya merasa berterima kasih kepada seluruh anggota DPRD Asahan,” ujar H Surya kepada wartawan usai mengikuti rapat paripurna.

Dengan pengusulan menjadi Bupati Asahan definitif, Surya menyebut ini merupakan kepedulian yang luar biasa dari DPRD Asahan. Pasalnya, tahapan yang dilakukan begitu cepat mulai dari penerimaan surat Kemendagri langsung ditindaklanjuti dengan pembahasan di Badan Musyawarah (Banmus) dan sekarang diumumkan di rapat paripurna.

“(Perasaan, red) biasa saja. Yang saya duga insyaallah menjadi Bupati Asahan. Hanya memang saya tidak menduga akan hari ini diusulkan.Setelah ini tinggal ditindaklanjuti oleh gubernur dan selanjutnya menunggu keputusan dari Kemendagri,” jelasnya.

Walaupun sudah ada proses menuju bupati definitif, Surya mengaku belum terpikirkan untuk menentukan siapa yang akan menjadi wakilnya pada sisa periode ini.

“Belum, mudah-mudahan tahapan menuju bupati definitif selamat dulu. Kalau berbicara wakil melangkah dua kali dan belum berbicara sejauh itu,” terangnya. (ts-23)

Loading...
loading...