Tak Ajukan Banding, Kontraktor Penyuap Bupati Dieksekusi

144

tobasatu.com, Medan | Direktur PT Tombang Mitra Utama (TMU), Rijal Efendi Padang dieksekusi oleh petugas Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) ke Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan.

Eksekusi dilakukan setelah putusan kontraktor yang menyuap Bupati Pakpak Bharat itu telah berkekuatan hukum tetap (inkrah).

“KPK telah melakukan eksekusi terhadap terpidana Rijal Efendi Padang dalam kasus suap terhadap Bupati Pakpak Bharat terkait sejumlah proyek di Dinas PUPR Kabupaten Pakpak Bharat,” pungkas Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan melalui WhatsApp, Jumat (10/5/2019).

Dijelaskan Febri, terpidana Rijal dibawa dari Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan ke Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan pada Kamis (9/5/2019) pukul 16.15 WIB. “Eksekusi ini dilakukan setelah Rijal Efendi Padang divonis bersalah melakukan korupsi dan yang bersangkutan tidak mengajukan banding,” jelas juru bicara KPK ini.

Diketahui, majelis hakim yang diketuai oleh Irwan Efendi menghukum Rijal Efendi Padang selama 2 tahun 6 bulan penjara dan denda sebesar Rp 100 juta subsider 4 bulan kurungan di Ruang Cakra I Pengadilan Negeri (PN) Medan pada Senin (29/4/2019).

Dia dinyatakan terbukti melakukan penyuapan terhadap Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu sebesar Rp 580 juta untuk memuluskan proyek di Dinas PUPR Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Anggaran (TA) 2018. (ts-06)

BACA JUGA  KPK Cegah Tindak Pidana Korupsi Lewat Aplikasi E-Planning
Loading...
loading...