Soal Kasus OTT Wabup Paluta, Putusan Hakim Dianggap Terlalu Rendah

138

tobasatu.com, Sidimpuan | Puluhan mahasiswa tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Aspirasi Rakyat
(GEMPAR) Padang Lawas Utara, beberapa waktu lalu melakukan aksi demo PN Padangsidimpuan, Jalan Serma Lian Kosong, Kota Padangsidimpuan.

Massa mempertanyakan alasan majelis hakim dengan rendahnya putusan kasus OTT Politik Uang yang melibatkan Wakil Bupati Padang Lawas Utara, H Hariro Harahap, dan adanya dugaan dilakukan oleh terdakwa dengan penegak hukum yang menangani kasus tersebut.

Setelah berorasi sekitar 15 menit, perwakilan massa pengunjuk rasa diterima oleh perwakilan Hakim dari PN Padangsidimpuan.

Usai menyampaikan aspirasinya di sana, massa kemudian bergerak ke Polres Tapsel dan diterima oleh Wakapolres, Kompol Jumanto dan Kasat Reskrim AKP Alexander. Di sana massa menyampaikan dukungan morill kepada Polres Tapsel atas pengungkapan kasus politik uang Pemilu 2019.

“Itu kan kasusnya sudah P22 jadi
ranahnya sudah ranah pengadilan, dan kita tidak bisa mengintervensinya,” kata Kasat
Reskrim Polres Tapsel, AKP Alexander Piliang, Minggu (12/5/2019).

“Mereka menyampaikan aspirasi ke kita, yang mereka sampaikan agar Polres Tapanuli Selatan berkenan dan serius untuk dapat mengungkap dugaan konspirasi dalam proses hukum
terkait OTT politik uang yang melibatkan Wakil Bupati Paluta,” timpal mantan Kasat Reskrim Polres Sergai tersebut.

Selain itu, massa juga telah melaporkan kasus tersebut ke Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, Jaksa Agung, Kapolri, Ketua KPK, Ketua KPU RI dan Ketua Bawaslu RI.

Berdasarkan hasil persidangan terhadap Wakil Bupati Paluta yang dilaksanakan, Rabu (8/5/2019), oleh JPU menjatuhkan hukuman penjara selama 3 bulan kepada H Hariro Harahap dan kawan-kawan. Namun saat putusan sidang, vonis oleh majelis hakim menjatuhkan hukuman penjara 1 bulan ditambah denda Rp5 juta.

Menurut mereka tuntutan itu terlalu ringan mengingat pasal yang dipersangkakan adalah Pasal 523 ayat 2 UU No 7 Tahun 2017. (ts-05)

Loading...
loading...