Berpuasa Bisa Meningkatkan IQ dan Terhindar dari Racun Zat Berbahaya

74
tobasatu.com, Medan | Orang yang berpuasa akan meningkatkan IQ. Berpuasa juga bisa terhindar dari racun zat berbahaya.
Demikian disampaikan Prof. Dr. Aznan Lelo Ph.D, Sp.FK pada kegiatan buka puasa & ceramah kesehatan bersama anak yatim yang digelar Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumatera Utara (Sumut).
“Sehingga dengan berpuasa akan membuat tubuh 100 persen sehat jasmani dan rohani,” ujarnya  dalam acara bertema Puasa Untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh, Kamis (16/5) di Amaliun Foodcourt & Convention Hall, Medan tersebut.
Katanya, seorang dokter keliru jika menyuruh pasiennya tidak berpuasa karena sakit lambung. Itulah nikmat orang berpuasa, yakni pasti sehat. Jadi, jika ikhlas akan mendapatkan manfaat berpuasa yang sangat banyak mulai dari segi kesehatan, maupun dari keimanan dan bagi orang yang mukmin pasti makin sehat untuk berpuasa,” kata dokter yang disapa Buya ini mewakili Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan.
Sementara Ketua Forwakes Sumut, M. Yunan Siregar, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan buka puasa bersama dan ceramah kesehatan untuk mempererat jalinan silaturahmi dengan mitra Forwakes.
“Kami juga ucapkan terimakasih kepada sejumlah pihak seperti BPJS Kesehatan, Asian Agri, Pegadaian, sejumlah RS yang membantu hingga terselenggaranya acara ini, sehingga kita bisa berbagi dengan anak yatim piatu,” katanya.
Sementara Manajer Program Dompet Dhuafa, Halimah, menyampaikan, Dompet Dhuafa mempunyai program layanan kesehatan ke daerah pedalaman, memberikan edukasi agar sadar akan kesehatan dengan memeriksakan diri, juga ada layanan kesehatannya dengan membawa tim relawan. Dokter dari salah satu rumah sakit yang kerjasama juga mahasiswa kedokteran yang ingin mengabdikan diri, nanti di sana ada cek kesehatan gratis dan pemberian obat gratis.
Kepala dinas kesehatan Medan Edwin Effendi melalui Mardohar berharap dengan kegiatan ini terjalin silaturrahmi untuk mewujudkan Medan rumah kita yang sehat.
Al Ustadz Haitami Lubis dalam tausiyahnya diantaranya menyampaikan, puasa diperuntukkan bagi orang orang yang beriman.
Kegiatan yang dirangkai dengan peringatan HUT Forwakes ke 11 tahun juga disertai dengan pemberian tali asih kepada 20 anak yatim.
Hadir juga diantaranya perwakilan BPJS Kesehatan Medan, Dinkes Medan, RS Mitra Sejati, IDI Medan dan Alumni Forwakes dan lainnya. (ts-24)
Loading...
loading...