Pemprov Sumut akan Bangun Sekolah di Nias Selatan

137
Wagubsu Musa Rajekshah bersama Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari mengunjungi Desa Bawomataluo di Kecamatan Fanayama, Nias Selatan, Rabu (22/5/2019).

tobasatu.com, Nias Selatan | Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Kabupaten Nias Selatan, Pemprovsu akan membangun sekolah.

Ini salah satu wujud keseriusan Pemprov Sumut membangun pendidikan di daerah ini.

 

“Pak Bupati tolong siapkan lahan, lalu hibahkan tanahnya kepada Pemprov Sumut. Insya Allah akan kita bangun sekolah, untuk tingkatkan kualitas pendidikan. Karena untuk membangun sekolah adalah tanggung jawab kami,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah saat mengunjungi Desa  Bawomataluo di Kecamatan Fanayama, Nias Selatan, Rabu (22/5/2019).

 

Dalam sambutannya, Wagub juga berpesan pada generasi muda agar tetap menanamkan nilai-nilai budaya leluhur dalam kehidupan.

“Anak anak kami generasi muda, teruslah pelajari tradisi kita. Saya melihat kampung ini (Desa Bawomataluo), saya langsung berpikir bagaimana leluhur kita sudah memikirkan cara menata desa dengan sebegini baiknya. Sudah ada balai desa tempat berkumpul warga,” katanya.

 

Menurut Wagub, Desa Bawomataluo menjadi salah satu bukti bahwa para leluhur telah memikirkan kehidupan untuk anak cucunya.

“Semangat leluhur itu lah yang harus kita tiru, kekompakan harus dijaga. Sebab, Sumut bukan hanya satu etnis, ada delapan etnis, jangan kita melihat apa agamanya dan sukunya karena kita ini Indonesia,” kata Musa Rajekshah.

 

Mengingat bahwa Nias Selatan adalah tempat berlangsungnya pembukaan Sail Nias 2019, Musa Rajekshah pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan acara tersebut. Terutama dalam menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung event Sail Nias 2019.

 

“Saya sudah tiga hari berada di Kepulauan Nias. Saya sudah mengunjungi seluruh venue yang akan digunakan untuk acara Sail Nias 2019, mulai dari Gunungsitoli, Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, hingga Nias Selatan. Banyak memang infrastruktur yang harus kita perbaiki dan masih banyak yang harus dikejar untuk pengerjaannya, hingga benar-benar siap untuk melaksanakan rangkaian acara. Semoga di sisa waktu yang ada sarana dan prasarana bisa diselesaikan sesuai waktunya, untuk itu mari sama sama kita sukseskan acara ini,” tambahnya.

 

Wagub mengaku bahwa kesiapan acara sudah mencapai 30 % lebih, dimana kunjungannya saat ini adalah untuk memastikan kelayakan venue acara. “Masih banyak fisik jalan dan bangunan yang belum selesai secara menyeluruh, itu juga akan kita kejar pembangunannya lewat kerja sama Pemerintah Pusat, Pemprov Sumut dengan dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota yang terlibat,” ucap Musa Rajekshah  didampingi istri, yang juga Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari.

 

Bupati Nias selatan Hilarius Duha menambahkan, bahwa sukses atau tidaknya Sail Nias 2019 tergantung dukungan dari masyarakat.

“Hari ini juga Pak Wagub langsung meninjau lokasi pembukaan di Pelabuhan Baru Teluk Dalam dan terakhir di Desa Bawomataluo. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat marilah sama-sama kita sukseskan acara bertaraf Internasional ini,” ucap Hilarius.

 

Usai memberikan sambutan, Wagub Sumut disuguhkan pertunjukan Parade Tari Perang dan Lompat Batu yang mengundang banyak decak kagum. Setelah itu, Wagub Sumut diajak berkeliling melihat keadaan rumah adat besar untuk rumah para raja yang disebut Omo Sebua atau Omo Ruyu.

 

Dalam kunjungan tersebut, turut berhadir Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Effendy Pohan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hidayati, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ismael Parenus Sinaga dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian. (ts-02)

Loading...
loading...