Mantan Kabiro Protokoler Era Presiden Soeharto Eddy Tumengkol Tutup Usia

358
Laksmana TNI (Purn) Eddy Tumengkol yang pernah menjabat sebagai Mantan Kepala Biro Protokoler Kepresidenan Era Presiden Soeharto (1986-1991) meninggal dunia pada Jumat pagi (24/5/2019), sekira pukul 08.00. Eddy Tumengkol juga merupakan ayah dari Pimred Waspada Online Austin Tumengkol.
tobasatu.com, Jakarta | Suasana duka meyelimuti keluarga besar Laksmana TNI (Purn) Eddy Tumengkol. Perwira TNI Angkatan Laut yang pernah menjabat sebagai Mantan Kepala Biro Protokoler Kepresidenan Era Presiden Soeharto (1986-1991) ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat pagi (24/5), sekira pukul 08.00 WIB di kediamannya, Jalan Punak No.21 Kompleks TNI AL, Pangkalan Jati Cinere, Jakarta Selatan.
Laksma TNI (Purn) Edy Tumengkol yang juga pernah dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembina Pusat Studi Kelautan Indonesia, telah beberapa tahun terakhir menurun kesehatannya. Meski sempat dibawa ke rumah sakit beberapa kali, namun Tuhan telah memanggilnya.
Prajurit Penerbang TNI Angkatan Laut yang telah mengabdi bagi Indonesia selama 35 tahun ini pun dikenal dekat dengan Presiden Soekarno. Hal ini terlihat saat dirinya menikahi Saida Said, putri tertua Tokoh Pers Nasional asal Sumatera Utara, Hj. Ani Idrus (Peraih Bintang Mahaputra Utama) dan Mohammad Said, Presiden Soekarno turut menjadi saksi pernikahan Eddy dan Saida.
Pria yang lahir di Manado, 88 tahun silam ini meninggalkan seorang istri, Hj Saida Said (Komisaris Harian Umum Waspada), dan 4 orang putra-putri yang salah satunya sudah terlebih dahulu meninggal dunia. Yakni; Harry Tumengkol, Julia Tumengkol, Avian Tumengkol (almarhum) dan Austin Tumengkol (Pemred Waspada Online).
Eddy pun pernah menduduki beberapa jabatan strategis di lingkungan TNI (dulu ABRI), di antaranya; Danlanud Djuanda, Atase Pertahanan di Australia dan Amerika Serikat, Wadan Sesko ABRI, dan jabatan penting lainnya.
Dia juga merupakan salah satu Pilot Penerbang AL Indonesia yang pertama kali membawa Pesawat Hercules dari AS ke Indonesia.
“Kami begitu kehilangan sosok panutan, penghibur keluarga. Beliau sosok ayah penyabar dan sangat disiplin,” ujar Austin Tumengkol dengan penuh rasa haru.
Menurutnya, Eddy Tumengkol bukan sekedar sosok seorang ayah namun menjadi guru dan  teladan yang baik bagi anggota keluarga, kerabat dan sahabat.
“Beliau selalu mengajarkan kebaikan, disiplin. Walau seorang berlatar militer, tapi beliau punya karakter yang tenang dan lembut,” ujar Austin didampingi kakaknya, Harry dan Julia.
Jenazah Pilot Senior Indonesia ini pun dijadwalkan akan dimakamkan pada Sabtu (25/5/2019) di Komplek Pemakaman Menteng Pulo Tebet, Jakarta. (ts-02)
Loading...
loading...