Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik, Tinggi Kolom Capai 7 Ribu Meter

132

tobasatu.com, Karo | Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali memperlihatkan aktivitasnya, Minggu (9/6/2019). Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik dengan tinggi kolom mencapai 7.000 meter di atas puncak (9.460 m di atas permukaan laut).

Berdasrkan data yang dihimpun dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Sinabung,  kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 9 menit 17 detik.

Terjadi awan panas ke arah tenggara 3,5 km dan selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan gunungapi sinabung. Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga).

Diimbau kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Petugas juga mengimbau agar masyarakat menggunakan masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (ts-05)

BACA JUGA  Truk Bawa Anak Sekolah Korban Sinabung Terbalik, Satu Orang Tewas
Loading...
loading...