Ancaman Persaingan Usaha di Sektor Ritel Cukup Banyak

154
tobasatu.com, Medan | Sejak Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) hadir, tercatat sudah ada 175 saran pertimbangan yang diberikan. Saran pertimbangan ini, telah menyelamatkan persaingan sehat dalam berbagai sektor industri.
Diantara pertimbangan itu, dari sektor ritel yang merupakan sektor kedua yang menyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia. Dengan kemampuan menyerap sebesar 18,9 juta orang tenaga kerja. “Ancaman persaingan usaha di sektor ritel cukup banyak,” ujar Wakil Ketua KPPU RI, Ukay Kayadi, Selasa (25/6/2019).
Yakni hilangnya kesempatan berusaha dari para pelaku usaha ritel kecil dan tradisional serta pemasok ritel modern. Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya pengaturan tentang equal playing field antara ritel kecil atau tradisional dan pemasok dengan ritel modern yang memiliki kekuatan kapital.
Sehingga, katanya mampu melakukan value creation yang lebih baik dan market power yang besar. Di antaranya, permasalahan persaingan tidak sebanding antara pelaku usaha ritel modern dan ritel tradisional.
“Terkait permasalahan ini, KPPU telah melakukan penanganan perkara terkait dugaan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat yang melibatkan salah satu pelaku usaha jaringan minimarket,” ujarnya.
KPPU juga merekomendasikan kepada pemerintah untuk segera menyempurnakan dan mengefektifkan pelaksanaan peraturan dan langkah-langkah kebijakan yang meliputi pada kebijakan lokasi dan tata ruang, perizinan, jam buka dan lingkungan sosial. (ts-24)
Loading...
loading...