Program KB di Sumut Tekan Angka Kelahiran 2,4 Persen pada Tahun 2018

150
Wagub Sumut Musa Rajekshah, saat memimpin upacara peringatan HARGANAS XXVI, Senin (1/7/2019) di halaman kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan.

tobasatu.com, Medan | Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Sumut  telah menekan jumlah kelahiran sebesar 2,4 persen pada tahun 2018.

Menurut Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Program KKBPK telah mampu menurunkan jumlah anak yang dilahirkan seorang wanita pada masa subur (15-49 tahun) dari 6,7 % pada tahun 1970 menjadi 2,4 % pada tahun 2018.

Namun menurut Hasto, saat ini keluarga Indonesia menghadapi tantangan yang baru yakni era revolusi 4.0.

“Keluarga kini dituntut untuk beradaptasi degan kemajuan teknologi yang semakin berkembang dan mempengaruhi kehidupan setiap anggotanya secara struktural maupun kultural,” tutur Hasto dalam sambutannya yang dibacakan Wagub Sumut Musa Rajekshah, saat memimpin upacara peringatan HARGANAS XXVI, Senin (1/7/2019) di halaman kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan.

Kepala BKKBN Sumut Temazaro Zega mengatakan pada peringatan HARGANAS tahun ini diharapkan hubungan keluarga di Indonesia, khususnya Sumut semakin erat antara satu sama lain. Sehingga perhatian orang tua kepada anak semakin intensif dan menjadi anak yang berkarakter.

“Hal itu agar anak-anak terhindar dari perilaku berisiko seperti seks bebas, pernikahan dini dan penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Kepala Dinas PPKB Sumut Ria Novida Telaumbanua mengatakan, dalam rangka HARGANAS tahun ini akan digelar berbagai kegiatan, diantaranya Pameran Gelar Dagang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) se-Sumut, pemberian penghargaan penilaian Kampung KB terbaik, penilaian dinas PPKB terbaik, dan sekolah siaga kependudukan terbaik (SSK) tingkat provinsi, dan pelayanan KB di seluruh kabupaten/kota.

Selain itu, katanya, ada juga program bedah rumah layak huni di Kampung KB yang terdapat di 6 kabupaten/kota, sebagai hasil penilaian Kampung KB terbaik se Sumut tahun 2018, yakni Labuhanbatu, Binjai, Samosir, Labuhabatu Utara, Langkat dan Tapanuli Selaran. (ts-02)

BACA JUGA  BKKBN Sosialisasi Program KKBPK di Kuala
Loading...
loading...