Hendra Cipta : Elite PAN Jangan Khianati Aspirasi Mayoritas Konstituen

437
Sekretaris DPW PAN Sumatera Utara, H Hendra Cipta.

tobasatu.com, Medan | Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Utara, H Hendra Cipta SE menyatakan, sebaiknya elite dan para pengurus DPP PAN harus mendengar aspirasi kader dan tidak mengkhianati amanah mayoritas konstituen PAN pada Pemilu 2019 yang lalu, apalagi sampai melukai perasaan ulama dan umat.

“Diharapkan, agar elite DPP PAN tidak membuat statement yang dapat mencederai perasaan orang-orang yang sudah berjuang siang dan malam pada Pemilu lalu untuk memenangkan PAN di Pileg dan capres Prabowo-Sandi di Pilpres,”kata Hendra Cipta, Jumat (5/7/2019), terkait dengan perkembangan sikap politik PAN, seputar bergabung atau tidaknya PAN ke dalam koalisi pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Hendra Cipta mengingatkan, banyak kader partai berlambang matahari itu yang masih belum kering keringat dan lukanya, karena mereka mengalami kegagalan dalam pencalegan yang lalu. Karena itu, akan jauh lebih elegan dan terhormat, apabila elite DPP PAN mampu menahan diri dan berhenti berbicara tentang hal-hal strategis partai ke area publik.

“Kalau sekadar wacana pribadi, ya silahkan saja. Tetapi kalau seolah-olah sudah ada sikap partai, haruslah melalui mekanisme partai yang formal, bukan suasana diskusi di internal partai dijadikan bahan berita. Kader dan pengurus DPP seharusnya tidak sembarangan mengeluarkan komentar, karena ini menyangkut masa depan dan marwah partai kita,”tegas Hendra.

Lebih jauh disampaikan caleg terpilih PAN dari daerah pemilihan Sumut III (Kabutapen Deli Serdang) ini, secara formal DPW PAN Sumut memang belum memberikan sikap formal. Namun, yang pasti sikap yang diputuskan DPW akan sejalan dengan keinginan mayoritas kader serta segenap simpatisan partai di Provinsi Sumatera Utara.

DPW PAN Sumut akan mendengar semua masukan dari kader dan pimpinan DPD Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, tetapi secara pribadi dirinya berpendapat, bahwa berada di luar pemerintahan (oposisi konstruktif) akan jauh lebih baik dan bermartabat bagi PAN.

BACA JUGA  1.714 Orang ‘Gila’ Masuk ke DPTHP 2 Pileg dan Pilpres

“Saya yakin pada akhirnya DPW PAN Sumut akan memerjuangkan hal itu dalam forum Rakernas PAN, karena kita tidak mau mengkhianati aspirasi setengah juta lebih konstituen PAN di Sumut yang menjatuhkan pilihannya kepada pasangan Prabowo-Sandi pada Pilpres lalu,”tambah Hendra, yang juga Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) PAN Sumut.

Ia menambahkan, berada di luar pemerintahan juga bisa mengabdi kepada masyarakat. Posisi ini juga akan baik untuk pemerintahan Jokowi-Ma’ruf lima tahun mendatang, karena memiliki mitra kerja kritis, yang akan mendukung setiap program pemerintah pro rakyat dan mengkritisinya jika tidak berpihak kepada kepentingan rakyat.

“Berada di luar pemerintahan sebagai konsekuensi mendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres lalu, tidak akan membuat PAN terdegradasi, bahkan akan menjadi lebih baik citranya di mata masyarakat, karena PAN sebagai partai reformis dinilai telah mampu bersikap istiqamah dalam memperjuangkan hak dan kepentingan rakyat,”tegas Hendra Cipta. (ts-02)

Loading...
loading...