Peringkat Ketiga STQN, Kafilah Sumut Diberi Tali Asih Rp550 Juta

174
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan tali asih sebesar Rp550 juta kepada kafilah asal Sumut yang berhasil memperoleh peringkat ke tiga pada Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) ke-25 di Pontianak, Kalimantan Barat.

tobasatu.com, Medan |  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan tali asih sebesar Rp550 juta kepada kafilah asal Sumut yang berhasil memperoleh peringkat ke tiga pada Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) ke-25 di Pontianak, Kalimantan Barat.

Para kafilah juga mendapatkan perlakuan istimewa, mulai dari Bandara Kuala Namu, Deliserdang, Sumatera Utara, diarak keliling Kota Medan dan dijamu di rumah dinas Gubernur Sumut di Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Sabtu (6/7/2019).

Hal itu dilakukan sebagai wujud penghargaan dan apresiasi Pemprov Sumut terhadap kafilah yang berhasil mengharumkan nama Sumut.

“Pada STQN ke-24 di Kota Tarakan kita hanya mampu duduk diperingkat enam, ini adalah prestasi awal Bapak Gubernur untuk mewujudkan Sumut Bermartabat, dengan masyarakat yang memiliki iman dan taqwa adalah langkah awal mewujudkan Sumut Bermartabat,” ujar Asisten Pemerintahan Jumsadi Damanik, mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ketika menyambut kedatangan Kafilah di Rumas Dinas Gubernur.

Peserta asal Sumut yang berhasil meraih juara STQN ke-25 adalah M Hanafi Nasution kategori tilawah anak putera meraih juara 1, Nurjannah kategori tilawah dewasa puteri juara 3, Aqsal Z Rafsanjani Hasibuan kategori tahfiz 1 juz dan tilawah putera juara 2, Habiburahman kategori tahfiz 5 juz dan tilawah putera juara harapan 1, Istiqomah kategori tahfiz 30 juz puteri juara 2, Khairani kategori hapalan 100 hadis dengan sanad puteri juara 3, M Hidayatullah Perkasa Alam kategori cabang hapalan 500 hadis tanpa sanad putera juara 1, dan Meri Rahma Dani kategori hapalan 500 hadis tanpa sanad puteri juara 2.

Kepada para juara, Pemprov Sumut memberikan tali asih dengan total Rp550 juta. Masing-masing untuk kafilah Juara 1 menerima Rp100 juta, Juara 2 mendapat Rp75 juta, dan Juara 3 sebesar Rp50 juta. Mewakili Gubernur, Jumsadi menyerahkan langsung tali asih tersebut langsung kepada para kafilah.

BACA JUGA  7 Peserta Asal Sumut Lolos Masuk Final STQN 2019

Turut hadir Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumut Fuad Helmi Lubis, Ketua Kafilah Provinsi Sumut Palit Muda Harahap, Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Pemberdayaan Masyarakat Setdaprovsu Asren Nasution, dan Kepala Dinas Perhubungan Sumut Abdul Haris Lubis.

Fuad Helmi mengucap syukur karena semua kontingen telah sampai dengan selamat. “Alhamdullillah semua bisa sampai dengan selamat dan sehat wal afiat, kita pun berangkat dengan nyali pulang membawa mendali, ini semua berkat dukungan dari bapak Gubernur Sumatera Utara,” terangnya.

Selanjutnya ia pun menyampaikan kemenangan ini amat penting untuk persiapan MTQ Nasional tahun depan. “Dengan menduduki posisi tiga besar ini menjadi modal untuk tahun depan Sumut akan mengikuti MTQ Nasional di Sumatera Barat,” tambahnya. (ts-02)

Loading...
loading...