Perusahaan Yang Tahan Izajah Asli Karyawan Bisa Dilaporkan Ke Polisi, Ini Penjelasan Sekretaris Disnaker

3558

tobasatu.com, Ashan | Penahanan ijazah asli milik karyawan masih saja dilakukan oleh sejumlah perusahaan maupun pengusaha di wilayah Kabupaten Asahan.

Akibatnya,para pekerja kesulitan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Asahan, H Nurdin saat dikonfirmasi tidak menapik kondisi tersebut.

Dirinya menjelaskan, selama ini pihaknya sudah banyak mendapatkan laporan terkait persoalan tersebut. “Padahal sudah ditegaskan, perusahaan maupun pengusaha seharusnya tidak boleh melakukan penahanan ijazah terhadap karyawannya. Karena itu bukan syarat kerja, kenapa harus ditahan serta apa dasarnya,” kata H Nurdin kepada tobasatu.com, Jumat (12/7/209).

Baca juga: Pengusaha UD Jadi Dilaporkan Mantan Karyawan ke Disnaker Asahan

Ia menjelaskan, jika terjadi penahanan ijazah terhadap karyawan, pihak perusahaan/pengusaha seharusnya jangan mempersulit jika ada karyawan yang membutuhkan ijazah aslinya tersebut.

“Ijazah aslinya tersebut harus diberikan serta jangan dipersulit apabila ada karyawan yang menginginkannya,” tegasnya.

Jika masih ditemukan ada kasus penahanan ijazah asli yang bersifat mengikat, lanjut H Nurdin, Dinasker Asahan menghimbau agar karyawan tersebut melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

“Sebab bisa dimasukkan ke pasal penggelapan dan penggaran Hak Azasi Manusian (HAM). Itu melanggar udang-undang,karena termasuk penggelapan dan melanggar HAM.Karena kalau ijazah asli ditahan orang tidak bisa mencari pekerjaan yang lebih baik,” pungkasnya. (ts-23)

Loading...
loading...