Khasiat Jahe yang Luar Biasa bagi Kesehatan Manusia

1362
Jahe memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.(fhoto:ts/gl)

tobasatu.com| Tanaman jahe tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain bisa untuk bumbu masakan, jahe juga memiliki khasiat luar biasa untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai dari pencernaan sampai penyakit yang sangat ditakuti yaitu kanker.

Bagi anda yang ingin memanfaatkan jahe sebagai obat alternatif. Disarankan untuk memilih jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur. Namun jika memilih jahe dalam bentuk bubuk, pastikan Anda memilih bubuk jahe yang masih murni. Minuman bubuk jahe yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung tambahan gula. Simpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di tempat yang kering, gelap, serta tidak pengap atau panas.

Berikut beberapa manfaat jahe bagi kesehatan manusia:
1. Pencernaan
Jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

2. Mengurangi mual
Anda dapat memakan jahe secara mentah atau menjadikanya minuman, jahe dalam bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

3. Mencegah penyakit kulit
Jahe dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama saat Anda sedang demam atau flu. Selain itu , berkeringat juga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

4. Melindungi dari kanker
Salah satu kandungan dalam manfaat jahe yang berperan dalam mencegah kanker adalah gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasa pada jahe yang unik. Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. University of Minnesota melakukan percobaan kepada sekelompok tikus, Hasilnya, tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati.

BACA JUGA  Berharap Penyakit Segera Sembuh, Julia Perez Ingin Minum Air Zamzam

Peneliti yang sama kemudian menguji apakah selain mencegah pembentukan tumor, gingerol juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Penelitian tersebut memberikan hasil positif. Gingerol dinilai mampu mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.(ts/hs)