Dibalik Rasanya yang Pahit, Pare Kaya akan Manfaat bagi Tubuh Anda

170
Buah pare memiliki rasa yang pahit tapi dibalik itu, juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.(fhoto:ts/gl)

tobasatu.com | Buah pare memang memiliki rasa yang pahit bila dimakan. Karena rasanya tersebut, banyak orang tak menyukai makan pare. Namun dibalik rasa pahit tersebut, ternyata pare memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan manusia.

Berikut berbagai manfaat pare untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mengendalikan gula darah
Pare memiliki sifat yang berfungsi seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Karena sifat ini, pare bisa membantu menurunkan gula darah. Makan pare dapat membantu sel-sel Anda mendapatkan glukosa sebagai makanan. Selain itu, pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pare mengandung antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh. Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

3. Menjaga kesehatan mata
Pare mengandung flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang mampu meningkatkan kesehatan mata Anda. Sehingga, manfaat pare lainnya adalah dapat meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari, serta memperlambat degenerasi makula.

4. Meredakan asma
Pare dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondisi pernapasan tertentu seperti asma, bronkitis, dan demam.

5. Mengobati masalah kulit
Pengobatan tradisional Tiongkok telah menggunakan pare sebagai pengobatan untuk masalah kulit. senyawa antifungi dan antibakteri yang ada dalam pare melawan banyak infeksi kulit termasuk kurap, kudis, dan bahkan psoriasis. Pare menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang dapat memperburuk psoriasis.

6. Meningkatkan kesehatan tulang dan penyembuhan luka
Pare juga mengandung vitamin K, yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal. Vitamin K juga membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, dengan demikian dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko mengalami patah tulang.(ts/hs)

BACA JUGA  Beberapa Sayuran Dinilai Lebih Baik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Si Kecil
Loading...
loading...