Disinyalir tak Tepat Sasaran, Penyaluran Bantuan Hewan Ternak di Desa Tanjung Alam Dipertanyakan

259
tobasatu.com, Asahan |  Penyaluran bantuan ternak sapi di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Sei Dadap, Asahan pada tahun anggaran 2017, disinyalir tidak tepat sasaran.
Hal itu diutarakan oleh beberapa warga di Desa Tanjung Alam. Karena ada warga di Desa Tanjung Alam berinisial L bisa mendapatkan bantuan hewan ternak sapi dari pemerintah.
“Hal itu dapat dibuktikan dari adanya tanda pada telinga sapi miliknya tersebut,” ungkap beberapa warga di Desa Tanjung Alam kepada Tobasatu.com pada Selasa (23/7).
Ketua LSM Pengawas Aparatur Negara dan Swasta Kabupaten Asahan, Zainul Azhar mensinyalir hanya yang memiliki hubungan kedekatan dengan oknum pejabat tertentu mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten yang mendapat bantuan.
Justru,  masyarakat/kelompok yang benar-benar berhak mendapatkan bantuan luput dari perhatian.
“Berdasarkan laporan yang diterima, dugaan penyimpangan dalam penyaluran hewan ternak sapi dimaksud sangat kentara dan sudah menjadi perbincangan luas di tengah-tengah masyarakat setempat. Coba bayangkan di Desa Tanjung Alam sendiri ada penerima bantuan yang kondisi ekonomi kuat menerima bantuan ternak tersebut,” sesalnya.
Menurut Zainul, persoalan ini terjadi karena proses verifikasi yang dilakukan melalui tim yang telah dibentuk, tidak memiliki keseriusan serta tidak teliti dan cermat dalam bekerja di lapangan.
Zainul meminta kepada Pemkab Asahan agar membuat sistem perangkingan serta membuka data masyarakat miskin itu ke publik. “Untuk menghindari timbulnya dugaan penyimpangan, maka ke depannya sistem penyaluran bantuan ini harus lebih transparan,” pintanya.
Terpisah, Kepala Desa Tanjung Alam, Sukirman enggan berkomentar lebih terkait adanya permasalahan tersebut.
“Saya tidak bisa berbuat banyak terkait permasalahan itu, karena para penerima bantuan hewan ternak di Desa Tanjung Alam ini merupakan kawan-kawan kita juga,” ungkapnya. (ts-23)
BACA JUGA  Soal Listrik PLN Belum Masuk, Pejabat Pemkab Asahan Langsung Kunjungi Bukit Kijang
Loading...
loading...