Ini Cara Pemakaian Bumbu Dapur untuk Mengobati Berbagai Penyakit

148
Kencur yang merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk obat.(Fhoto:ts/gl)

tobasatu.com | Diantara bumbu dapur, kecur adalah salah satu yang sering digunakan untuk memasak. Selain itu, kencur juga terkenal sebagai obat batuk. Tak sedikit masyarakat kita yang telah mencobanya dan sembuh.

Selama ini, mungkin anda tidak menyadari, jika kencur mengandung pati, mineral, serta minyak atsiri yang berupa sineol, asam metil kanil, asam sinamat, asam dasinat, alkaloid dan metanol yang dapat digunakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit menyerang.

Kencur selain bisa mengobati batuk, juga dapat digunakan untuk berbagai penyakit lainnya, seperti :
– Mengobati Radang Lambung
Caranya adalah dengan memarut kencur, lalu peras airnya dan campur dengan air hangat kemudin diminum. Lakukan hingga kembali sehat.

– Menghilangkan Perut Kembung dan Masuk Angin
Caranya dengan mencampurkan air perasan parutan kencur dengan garam dan air hangat. Minum larutan ini dua kali sehari untuk menghilangkan perut kembung dan masuk angin.

– Meredaakan Keseleo
Cara dengan memarut kencur, lalu dicampurkan dengan beras yang telah ditumbuk halus. Balurkan pada kaki atau tangan yang terkilir dan tutup dengan perban. Lakukan hingga tubuh terasa lebih membaik.

– Obat Diare
Cara meramunya jadi obat diare adalah dengan menumbuk kencur dengan dua siung bawang merah hingga halus. Kemudian bungkus dengan daun bisang dan bakar sampai hangat. Setelah itu dioleskan ke perut agar diare lebih cepat sembuh. Konsultasikan ke dokter apabila diare tak kunjung sembuh.

– Obat Batuk Berdahak
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satu adalah parutan kencur dicampur dengan segelas air hangat, lalu disaring. Tambahkan sedikit garam lalu diminum. Lakukan dua kali sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur agar batuk lebih cepat sembuh.

BACA JUGA  Daun Kentutan Obat Alami untuk Penyakit Lambung dan Disentri

– Mengobati Sakit Tenggorokan
Cara mengolahnya sama seperti mengolah kencur untuk obat batuk, diminum sekali sehari agar sakit tenggorokan cepat sembuh. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh.(ts/sn)

Loading...
loading...