Daun Kentutan Obat Alami untuk Penyakit Lambung dan Disentri

11171
Daun kentutan memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit.(fhoto:ts/gl)

tobasatu.com | Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan tentunya daun sembukan atau lebih populer disebut daun kentutan sudah tak asing lagi. Meski aroma daun ini, bila diremas bau seperti kentut tapi bisa diolah menjadi makanan pelas atau gembrot sembukan.

Selain itu, lezat untuk menu makanan, ternyata daun kentutan juga memiliki khasiat antiinflamasi, stomakik, antirematik, diuretik, dan karminatif. Khasiat yang terkandung dalam daun kentutan itulah sangat bermanfaat untuk obat sakit lambung dan gangguan usus, rasa perut kembung, dan obat disentri.
Orang biasanya menumbuk beberapa gram daun yang masih segar, membubuhinya dengan air satu mangkok, menyaring, kemudian menambahkan garam 1 -2 sendok teh, dan meminumnya sebelum makan.

Getah daun secara tradisional dimanfaatkan sebagai obat sakit mata dan telinga, baik tetes atau kompres, juga obat rematik, obat kurap, buang air kecil tidak lancar. Seno Sastroamidjojo juga menyebutkan bubur daun sembukan dimanfaatkan sebagai obat herpes, yakni ruam kulit yang terdiri atas gelembung-gelembung kecil mengumpul berisi getah bening, dengan cara dibalurkan.

Seperti penuturan bu Ros pada wartawan tobasatu.com “Saya sudah pernah memakai daun kentutan untuk anak saya yang mengalami disentri, seminggu lalu. Saya sempat panik juga liat anak yang BAB terus. Kemudian datang tetangga saya dan memberi tau agar anak saya diobati dengan daun kentutan,”bebernya.

Kebetulan daun kentutan tersebut banyak tumbuh di dekat rumah bu Ros. Ia kemudia mengambil beberapa lembar daun. Setelah dicuci bersi, ia kemudian menumbuknya dengan dicampur garam serta air. Selanjutnya, ramuan tradisional itu diberikan kepada anaknya. “Alhamdulillah, disentri anak saya sembuh,”jelasnya dengan wajah bahagia.(ts/sh)

BACA JUGA  Politisi PAN Tuding Plt Kadis Kesehatan Tidak Kooperatif