Daun Salam dan Cara Pengobatan untuk Darah Tinggi serta Kolestrol

2748
manfaat daun salam untuk kesehatan.(fhoto:t/gl)

tobasatu.com | Bagi mereka yang memiliki hobi memasak di dapur, khususnya ibu rumah tangga tentunya tak asing lagi dengan daun salam. Karena daun salam merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk penyedap makanan.

Namun pernahkah anda tau, daun salam ternyata punya khasiat tinggi menyembuhkan berbagai penyakit, sebab mengandung minyak asiri (sitral, eugenol), tanin dan flavonoida. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan daun salam diantaranya, hipertensi atau darah tinggi, kolestrol dan asam urat.

Berikut tata cara pemakaian daun salam untuk pengobatan :
1. Hipertensi atau darah tinggi
Caranya :
Ambil daun salam 7 sampai 10 lembar dan cuci bersih. Selanjutnya daun salam tersebut rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air tersebut lalu disaring dan minumlah pada malam hari. Lakukan secara rutin setiap hari.

2. Menurunkan kadar kolesterol :
Caranya :
Cuci 10-15 gram daun salam segar sampai bersih. Rembus dengan menggunakan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

3. Obat Asam urat :
Ambil 10 lembar daun salam segar, rebus dengan 4 gelas air hingga bersisa 2 gelas. Kemudian saring. Minum selagi hangat. Lakukan secara rutin sampai terasa khasiatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kesehatan kita.(ts/na)

BACA JUGA  Cara Pengolahan Biji Buah Mahoni untuk Penyakit Rematik
Loading...
loading...