Dikunjungi Sekda, Pejuang Berusia 94 Tahun Ini Berkisah Saat Hadapi Penjajah

86
Sekda Provsu Sabrina mengunjungi para pejuang, sebagai rangkaian HUT Kenerdekaan RI.

tobasatu.com, Medan | Sekda Provsu Sabrina beserta jajaran pejabat Pemprovsu menyambangi rumah para pejuang, Jumat (23/8/2019).

Hal ini sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih kepada para veteran, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI.

Adapun rumah pertama yang dikunjungi adalah rumah Hj Ramsah, salah satu anggota Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan’45 Sumut yang telah berusia 94 tahun. Duduk di kursi roda, Ramsah menyambut kedatangan Sabrina dan rombongan di kediamannya Jalan STM Nomor 1, Sitirejo II, Medan Amplas. Hj Ramsah mengaku terharu mendapat kunjungan dari Pemprov Sumut.

 

Meskipun, telah memasuki usia lanjut, ingatan dan kenangan Ramsah pada momen-momen perjuangan di masa lalu masih terasa kuat. Kepada Sabrina, dirinya bercerita bagaimana ia menghadapi para penjajah. “Mereka gertak, saya lawan. Berani saya, karena ini kan rumah kita, mereka yang pendatang,” katanya, bercerita dengan suara lemah.

Berikutnya, kunjungan ke rumah H Sanggup Purba di Jalan Roso, Perumahan Taman Marendal Mas, Blok E No 24, Marendal I Medan. Sanggup yang kini telah berusia 80 tahun dulunya merupakan seorang polisi. Meski sudah tua, saat ini Sanggup masih aktif beraktivitas sebagai Ketua Yayasan Prestasi Lanjut Usia Sumut dan menjadi narasumber untuk sejumlah buku sejarah. Salah satu yang baru diterbitkan yakni buku berjudul “Benteng Huraba – Sejarah Perjuangan Mobrig Polisi Republik Indonesia Sumut/Aceh”.

 

Menerima rombongan Pemprov Sumut, Hj Saniwati selaku istri dari Sanggup mengaku terharu dan mengucapkan terima kasih. Saniwati mengatakan kunjugan dan tali asih yang diberikan merupakan bentuk kepedulian dari Pemerintah kepada para pejuang, veteran, dan keluarga pejuang.

 

Di akhir setiap kunjungan, Sabrina dan rombongan menyerahkan tali asih berupa bingkisan, makanan, dan alat elektronik.

BACA JUGA  Wali Kota : Kibarkan Bendera Merah Putih Sebulan Penuh

“Sebagai kenang-kenangan, kecil tetapi semoga bermanfaat. Hal yang paling utama adalah jalinan silaturahmi yang ingin kami pererat dengan orang tua kami. Tolong bimbing dan ajari kami selalu dalam membenahi dan membangun Sumut ini,” ucap Sabrina.

Kunjungan berlangsung hingga siang hari. Rumah lain yang dikunjungi yakni Muliono (80) anggota LVRI Sumut di Jalan Blibis, Gang Melati, Gagak Hitam, Medan dan Suji Hartono (72) di Jalan Prona No 4, Perumahan Jompo Veteran, Medan Helvetia. (ts-02)

Loading...
loading...