Kontroversi Wisata Halal, Wagirin : Semua Orang Berhak Menikmati Danau Toba

1757
Ketua DPRD Sumatera Utara Wagirin Arman.

tobasatu.com, Medan | Wacana Pemprov Sumut untuk mengadakan wisata halal di kawasan Danau Toba guna menarik kunjungan wisatawan mancanegara, menimbulkan kontroversi.

Penolakan datang dari sebagian elemen masyarakat yang menyebut Danau Toba sudah memiliki kearifan lokal sendiri dan tidak memerlukan wisata halal.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman menyatakan semua komunitas masyarakat berhak menikmati Danau Toba sebagai wisata dunia.

“Kita jangan sensitif, Danau Toba itu kan milik semua orang. Semua komunitas masyarakat memiliki hak yang sama untuk menikmati wisata Danau Toba,” tutur Wagirin, Selasa (3/9/2029), menanggapi pro kontra wisata halal di kawasan Danau Toba.

Menurut Wagirin, dalam memandang suatu persoalan kita tidak bisa hanya menggunakan kaca mata perorangan, karena kita sudah memiliki patron dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Jadi kalau kita punya konsep ekonomi apapun sepanjang tidak melanggar UUD 1945 dan NKRI ya please, silahkan saja tidak ada masalah,” sebut politisi Partai Golkar itu.

Sebelumnya, menanggapi kontroversi wisata halal Danau Toba, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara Ria Novida Telembanua menyebutkan wisata halal Danau Toba sejalan dengan upaya pemerintah pusat untuk menjadikan objek wisata Danau Toba ‘go international’.

Berdasarkan informasi, penerbangan ke kawasan Danau Toba didominasi oleh wisatawan asal Malaysia dan negara-negara tetangga.

Menurut Ria, agar turis mau berkunjung ke Danau Toba maka perlu dibangun fasilitas pendukung yang diperlukan wisatawan muslim diantaranya makanan yang halal dan tempat beribadah baik itu masjid maupun mushala.

Wisata halal menurut Ria, bukanlah menghilangkan budaya yang sudah ada di tempat wisata.

“Wisata halal ini sudah diterapkan di berbagai negara diantaranya Jepang, Korea Selatan dan lain-lain yang tujuannya semata-mata untuk meningkatkan ceruk pasar pariwisata,” ujar Ria. (ts-02)

BACA JUGA  DPRD Sumut Sepakat Bahas R-APBD Sumut TA 2016
Loading...
loading...