Kejaksaan Pancurbatu Tangani Hampir 60 Persen Kasus Narkoba

1015

tobasatu.com, Pancurbatu | Cabang Kejaksaan di Pancurbatu menangani perkara narkoba diperkirakan mencapai 40-60% kasus. Hal ini diungkapkan Kacabjari Pancurbatu, Muhammad Junaidi SH MH saat bertemu dengan masyarakat di Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kamis (5/9/2019) kemarin.

“Penanganan perkara narkoba yang masuk ke kita dari lima polsek (Pancurbatu, Kutalimbaru, Namorambe, Biru-biru dan Delitua), sekitar 40%-60%, sisanya perkara kriminal,” katanya.

Junaidi mengatakan, jumlah tersebut selama dirinya baru menjabat tiga bulan ini. “Kalau bisa itu menjadi perhatian bersama, agar anak kita nanti tidak terjerumus kepada yang namanya Narkoba,” tuturnya.

Ia mengaku sangat sia-sia generasi muda disekolahkan dari mulai SD sampai kuliah, namun masuk penjara ataupun masuk ke panti rehabilitasi karena menggunakan Narkoba.

“Kalau tidak menjadi perhatian bersama, otomatis tidak ada lagi generasi muda ke depan. Siapa lagi yang membangun negara ini khususnya di wilayah Pancurbatu-Sibolangit. Siapa yang bisa menggantikan pak camat, kapolsek, jaksa dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Junaidi, dampak bahaya Narkoba ini bagi semua kalangan. Namun sekarang ini, remaja dan anak-anak selalu menjadi alat untuk mengkonsumsi bahkan menjual Narkoba.

“Lihatlah di televisi dan internet, sekarang peredaran narkoba sudah berbentuk seperti makanan dan minuman yang bisa mengganggu kesehatan dan akal pikiran,” ungkap dia. Ia juga meminta kepada Kecamatan Sibolangit selalu menggalakkan sosialisasi bahayanya narkoba dan membuat jargon ‘Sibolangit Bebas Narkoba’ diseluruh desa.

Sementara itu, Kapolsek Pancurbatu Kompol Faidir Chaniago mengatakan, pihaknya sangat atensi peredaran Narkoba. “Makanya kita sering turun ke desa-desa dan dusun-dusun menyampaikan jangan mau terjebak dalam kasus Narkoba,” tutur Faidir. Dirinya pun mengajak masyarakat Kecamatan Pancurbatu dan Sibolangit jangan mau terprovokasi orang.

“Sebab kita sudah kompak. Kita tidak pandang pendatang maupun masyarakat lama yang sengaja atau tidak sengaja membuat saling bermusuhan dan mengedar Narkoba,” tukasnya.

BACA JUGA  Butuh Perbaikan, Kondisi Jalan Jamin Ginting Hancur Lebur

Faidir bermohon kepada masyarakat apabila ada yang merusak kemanan dan melakukan peredaran narkoba di wilayah Pancurbatu-Sibolangit segera sampaikan kepada kepala desa, camat dan polisi. “Wilayah ini rumah kita, tempat tinggal kita, mari kita bersama-sama menjaga kemanan dan memberantas narkoba,” tegas Faidir. (ts-21)

Loading...
loading...