Akan Dilantik Senin, SK Penetapan Anggota DPRD Sumut Terpilih Masih di Mendagri

798
Sebanyak 100 Anggota DPRD Sumut mengikuti gladi resik pengambilan sumpah dan janji sebagai Anggota DPRD Sumut periode 2019-2024, Jumat (13/9/2019).

tobasatu.com, Medan | Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara menjadwalkan pelantikan 100 anggota dewan terpilih periode 2019-2024, pada Senin (16/9/2019). Namun hingga Jumat (13/9/2019) sore, Surat Keputusan (SK) penetapan jumlah kursi dan caleg terpilih belum dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Hingga sore ini kami belum menerima SK (Penetapan jumlah kursi dan caleg terpilih—red) dari Mendagri,” tutur Sekretaris DPRD Sumut Erwin Lubis, disela-sela acara gladi bersih paripurna pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Sumut periode 2019-2024, Jumat (13/9/2019).

Ia menyampaikan hal tersebut kepada anggota DPRD Sumut  baru yang hadir dalam gladi bersih tersebut. Karena belum turunnya SK tersebut, pihaknya mengaku belum bisa menyebarkan undangan baik kepada anggota dewan terpilih maupun para undangan.

“SK itu urusan pemerintah provinsi bukan sekretariat DPRD. Saya terus berkoordinasi sampai siang tadi kepada Biro OTDA dan staf Pemprovsu yang di sana (Kemendagri) mengikuti proses penerbitan SK. Kabarnya Sekjen sudah menandatangani, tinggal Menteri Dalam Negeri. Kita berharap sore ini ditandatangani menteri. Kalau dari bawah sudah selesai semua, tidak ada kendala,” kata Sekwan.

Meski demikian, karena sebagian anggota dewan meminta agar undangan dibagikan untuk mengetahui jadwal pasti paripurna istmewa tersebut, pihak Sekretariat DPRDSU pun mengikuti keinginan anggota dewan tersebut dengan membagikan undangan resmi meski SK belum diterima. “Karena SK belum turun, jadi belum kita bagikan (undangan), tapi karena kesepakatan bersama tadi di paripurna, jadi kita bagikan saja,” katanya.

Ia mengatakan. gladi bersih digelar agar paripurna istimewa pengambilan sumpah dan janji anggota DPRDSU periode 2019-2024, Senin (16/9) dapat berjalan lancar.

“Jangan besok ada yang tidak tahu harus berdiri di mana. Karena itu kita gelar gladi bersih. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan bisa berjalan dengan baik,” katanya.

BACA JUGA  Pemprovsu Belum Agendakan Pembahasan LKPj 2015

Salah satu calon anggota DPRD Sumut yang akan diambil sumpah, Rahmansyah Sibarani dari Partai NasDem mengaku senang akan dilantik menjadi anggota DPRD Sumut, pekan depan. Ia mengatakan, sebagai wakil rakyat ke depan akan berjuang untuk masyarakat, khususnya di daerah pemilihan (Dapil) Sumut IX.

“Semua perjuangan merupakan prioritas. Kita akan membaca, melihat dan mempelajari masalah-masalah yang ada di Sumut khususnya di dapil kita, apa yang harus kita perjuangkan, melalui turun langsung ke masyarakat nantinya atau melalui agenda reses,” katanya.

Rahmansyah yang diketahui memperoleh suara terbanyak di dapil Sumut IX. Ia digadang-gadang akan menjadi salah satu wakil DPRD Sumut dari Partai NasDem. Terkait hal itu, Rahmansyah  mengatakan, ia menyerahkan masalah kursi pimpinan kepada partai.

“Siapa pun yang ditunjuk untuk duduk di kursi pimpinan adalah yang terbaik. Yang pasti, mau jadi anggota biasa atau jadi pimpinan, pintu kita akan selalu terbuka untuk rakyat. Kita serahkan keputusan itu pada partai dan fraksi,” katanya. (ts-02)

Loading...
loading...