Penutupan UKW di Batubara, Bupati Zahir Harapkan Pers Jadi Sumber Pencerahan Masyarakat

257
Bupati Batubara Zahir MAP diwakili Plt Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus menghadiri penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke XVI dan XVII, Minggu (15/9/2019).

tobasatu.com, Medan | Bupati Batubara H.Zahir MAP menyatakan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan literasi informasi pada pers. 

“Sebab era digital telah membuat informasi menjadi borderless (tanpa batas), sehingga masyarakat mengalami ‘banjir’ informasi yang bisa juga benar dan bisa juga tidak benar alias berita bohong (hoaks),” tutur Zahir dalam sambutannya yang dibacakan  Plt. Kepala Dinas Pendidikan Ilyas Sitorus pada Penutupan Uji Kompetensi Wartawan Angkatan XXVI dan XXVII Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula MHP Inalum Tg. Gading Kecamatan Sei Suka, Minggu (15/09/19).

“Untuk itu, masyarakat perlu melakukan pemilahan informasi secara bijak,” ujar Ilyas Sitorus.

Melalui terselenggaranya Uji Kompetensi Wartawan ini, diharapkan Pers tetap menjadi sumber inspirasi dan pencerahan bagi masyarakat, khususnya di Batubara Tanah Bertuah ini.

“Karena itu pers harus semakin meningkatkan perannya dalam edukasi dan literasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Bupati juga menghimbau agar kegiatan peningkatan kompetensi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW), seperti yang sedang dilakukan ini, kedepannya dikemas dengan berbagai kegiatan lainnya berupa kegiatan pelatihan menulis berita singkat bagi pelajar maupun kegiatan olahraga bersama keluarga besar PWI se Kabupaten Batubara dan sekitarnya.

Ketua PWI Pusat yang diwakili Direktur UKW DR. Rajab Ritonga menyampaikan bahwa berdasarkan UU No.40 Tahun 1999 bahwa sarana dan saluran resmi alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas adalah media massa.

Karena fungsi media itu disamping sebagai pelaku media informasi juga fungsi pendidikan fungsi hiburan dan fungsi kontrol sosial.

Ketua PWI Sumatera Utara, Hermansyah menyampaikan, UKW merupakan kebijakan Dewan Pers guna meningkatkan profesionalitas wartawan. Dengan dilaksanakannya UKW pemerintah ikut serta dalam mensukseskan program ini.

“Saya apresiasi sekali lagi kepada Pemkab Batubara yang pada saat pembukaan Pak Bupati Zahir Langsung menyampaikan akan menganggarkan kembali kegiatan uji kompetensi wartawan ini tahun depan. Apa lagi tadi juga ada saran agar kegiatan yang akan datang dikemas sedemikian rupa sehingga ada kegiatan sosial lainnya dengan melibatkan siswa/pelajar maupun keluarga besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)” ujar Hermansjah.

Demikian juga halnya dengan Ketua PWI Kabupaten Batubara, Alfian menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah lama di impikannya, namun baru tahun ini terwujud. 

“Terimakasih kepada Pemkab Batubara yang akan mengalokasikan anggaran pada tahun depan kembali,” sebutnya.

Sementara hasil UKW angkatan XXVI dan XXVII tahun 2019 di Kabupaten Batubara yang dibacakan salah seorang penguji, Mizwar mengatakan bahwa dari 48 peserta UKW yang terdaftar dan 40 peserta yang hadir hanya 20 peserta yang dinyatakan kompeten.

Adapun rinciannya yaitu angkatan XXVI sebanyak 20 orang peserta dinyatakan kompeten sebanyak 8 orang dan belum kompeten 12 orang. 

Untuk angkatan XXVII sebanyak 20 orang peserta, dinyatakan berkompeten 12 orang dan belum berkompeten 8 orang. (ts-02)

 

BACA JUGA  Pokja PWI Medan Terbentuk
Loading...
loading...