Politik Dinasti di DPRD Sumatera Utara, Mulai dari Anak Bupati Hingga Ketua Partai

771
Anggota DPRD Sumut periode 2019-2024 baru saja dilantik pada Senin 16 September 2019.

tobasatu.com, Medan | Politik Dinasti masih kental mewarnai dunia perpolitikan di Sumatera Utara. Dari 100 anggota DPRD Sumut yang terpilih dan baru saja dilantik pada Senin (16/9/2019), terdapat sejumlah keluarga dari kepala daerah (bupati/walikota) serta anak dan keluarga dari pimpinan partai politik.

Politik dinasti dapat diartikan sebagai sebuah kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang yang masih terkait dalam hubungan keluarga.

Berdasarkan informasi yang tobasatu.com himpun, Selasa (17/9/2019), anak bupati yang terpilih menjadi Anggota DPRD Sumut tersebut diantaranya Dimas Tri Adji dari Partai Nasdem yang merupakan Anak Bupati Serdang Bedagai Ir.Soekirman. Dimas merupakan Anggota DPRD Sumut dari Daerah Pemilihan Sumut 4 meliputi Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

Selanjutnya Muhammad Andri Alfisah dari Partai Demokrat, yang merupakan anak dari Wali Kota Binjai Idaham. M Andri Alfisah maju dari Dapil 12 meliputi Kabupaten Langkat dan Kota Binjai. Andri merupakan politisi termuda, karena saat dilantik Andri baru berusia 22 tahun 4 bulan.

Anak kepala daerah lainnya adalah Erni Ariyanti, SH, MKn dari Partai Golkar. Erni merupakan anak Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Khaeruddin Syah Sitorus yang sering disapa Haji Buyung. Erni maju sebagai Anggota DPRD Sumut dari Dapil Sumut 6 meliputi Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan Labuhanbatu Utara.

Berikutnya Meryl Rouli br Saragih, SH, MH dari PDI Perjuangan. Meryl yang berasal dari Dapil Sumut 1 meliputi Medan A (Kec. Medan Kota, Denai, Deli, Belawan, Amplas, Area, Marelan, Labuhan, Tembung, Perjuangan, dan Timur). Meryl merupakan anak Ketua DPD PDIP Sumut yang saat ini merupakan partai dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Sumut.

Sementara Hj.Riri Stephanie Siregar, anggota DPRD Sumut dari Partai Hanura untuk Dapil Sumut 3 meliputi Kabupaten Deli Serdang. Riri merupakan anak dari Sekjen DPP Partai Hanura Herry Lontung Siregar yang sebelumnya juga sempat duduk sebagai Anggota Komisi X DPR RI. Herry Lontung diketahui juga merupakan paman dari Bobby Nasution, menantu Presiden Jokowi.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumut : Beda Pandangan Boleh, Kondusifitas Tetap Harus Dijaga

Nama lainnya adalah M Faisal dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Dapil Sumut 1 meliputi Medan A (Kec. Medan Kota, Denai, Deli, Belawan, Amplas, Area, Marelan, Labuhan, Tembung, Perjuangan, dan Timur). M Faisal diketahui merupakan anak dari Nasril Bahar, legislator senior PAN, anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumut III yang sudah 4 periode menjabat.

H.Rizky Yunanda Sitepu, STP merupakan anak mantan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu. Rizky duduk sebagai Anggota DPRD Sumut dari Dapil Sumut 12 meliputi Kabupaten Langkat dan Kota Binjai.

Sementara Rahmansyah Sibarani merupakan adik dari Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani. Rahmansyah merupakan Anggota DPRD Sumut dari Partai Nasdem untuk Dapil Sumut 9 meliputi Kab/Kota Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Sibolga. Sebelum duduk menjadi anggota dewan, Rahmansyah dikenal sebagai aktivis yang kerap turun dalam berbagai aksi unjukrasa.

Terakhir Franc Bernard Tumanggor yang merupakan anak dari mantan Bupati Dairi periode 1998- 2008 MP Tumanggor.  Franc Bernard Tumanggor yang merupakan pengusaha muda bidang transportasi dan perkebunan ini duduk sebagai anggota DPRD Sumut dari Partai Golkar untuk Dapil Sumut 11 meliputi Kabupaten Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat. (ts-02)

Loading...
loading...