710 Lowongan Kerja Diperebutkan di Job Fair Kota Medan

1437
Wakil Wali Kota Medan saat acara pembukaan Job Fair Kota Medan tahun 2019, Jumat (27/9/2019).

tobasatu.com, Medan | Job Fair Kota Medan tahun 2019 yang diresmikan Wakil Wali Kota Medan Ir. Akhyar Nasution, Jumat (27/9/2019), memperebutkan 710 lowongan pekerjaan. Event ini diharapkan dapat menekan angka pengangguran.

Job Fair Kota Medan yang diselenggarakan di Kantor Disnaker Medan Jalan Wahid Hasyim Medan, diikuti 20 perusahaan. Tersedia 710 lowongan kerja di event tersebut.

Adapun 20 perusahaan yang mengikuti Job Fair yakni PT Mahkota Group, Wilmar Group, Permata Hijau Group, Asian Agri, PT Industri Karet Deli, PT Universal Indofood Product, PT Musim Mas, PT Graha Santika Dyandra, Grand Aston City Hall Medan, Universitas Al Azhar, Sardana Indah Berlian Motor, NTU Academy, PT Maybank Indonesia, Oub Khan Hian Sekuritas, PT Duta Wibawa Manda Putra, PT Sahara Fajarindo Corp, PT Sumatera Sarana Sekar Sakti, PT Murni Sadar, PT Royal Prima dan PT Tempo.

Dikatakan Akhyar, sasaran yang ingin dicapai melalui Job Fair terciptanya penyelenggaraan pembangunan bidang ketenagakerjaan, sehingga meningkatnya jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas dalam hubungan kerja harmonis dan saling menguntungkan. Diakuinya, pencapaian tujuan ini tidaklah mudah, karena jumlah penduduk yang semakin besar berdampak dengan jumlah angkatan kerja yang semakin besar pula.

“Apabila semakin besar jumlah orang yang mencari pekerjaan tentunya akan menimbulkan masalah ketenagakerjaan, khususnya masalah penyediaan lapangan pekerjaan yang memadai. Permasalahan mengenai kesempatan kerja ini menjadi semakin penting dan mendesak, karena pertumbuhan angkatan kerja yang lebih cepat daripada pertumbuhan kesempatan kerja yang tersedia,” kata Akhyar.

Mantan anggota DPRD Kota Medn itu selanjutnya menjelaskan, guna memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan, Pemko Medan telah mengusulkan kepada  DPRD Kota Medan dengan anggaran kurang lebih Rp 500 juta untuk melaksanakan Job Fair.

BACA JUGA  Pemkab Asahan Imbau Perusahaan Bayar THR Pekerja

Menurut Akhyar, Job Fair ini sangat bermanfaat bagi para pencari kerja. Dengan ikut sertanya 20 perusahaan dalam Job Fair, tentunya sangat membantu Pemko Medan dalam mengurangi angka pengangguran terbuka di Kota Medan. Sebab,  20 perusahaan yang ikut telah membuka 701 posisi bagi para pencari kerja.

Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Hannalore Simanjuntak, Job Fair merupakan kerjasama Pemko Medan melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Medan dengan Kementrian Tenaga Kerja RI. Tercatat, ada 20 perusahaan yang ikut dan menawarkan 701 posisi. Di samping itu Job Fair juga menyedikan tempat bagi para difabel.

“Tujuan dari Job Fair ini untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan, mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja. Serta  mengurangi angka pengangguran sekaligus  meningkatkan taraf sosial ekonomi pencari kerja. Dengan adanya Job Fair ini kita harapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin  oleh pencari kerja,” jelas Hannalore.

Diungkapkan Hannalore, hari pertama Job Fair digelar sudah 3.000 pelamar kerja yang mendaftar secara online. Sedangkan yang datang langsung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Medan, ungkapnya, sudah mencapai 400 orang meski baru dua jam Job Fair dibuka. Dia optimis jumlah ini akan terus meningkat hingga Sabtu (28/9).

Mantan Kepala Badan Pengelola Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan ini mengungkapkan,  mulai tahun depan, setip bulannya akan digelar Job Fair bagi lulusan SMK.

“Lalu diikuti  dengan Job Fair untuk semua pencari kerja, baik tingkat SMK maupun perguruan tinggi setiap tiga bulan,” paparnya.  (ts-02)