Penipuan Modus Sewa Kios, Raup Rp14,5 Juta

1116

tobasatu.com, Asahan | Bermoduskan menawarkan sewa kios, M Hudian Amril alias Dian sukses melakukan penipuan. Ia kemudian dicokok petugas  Satreskrim Polres Asahan.

Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu, menjelaskan, penangkapan terhadap Dian berawal dari pertemuan pelaku Dian dengan korban, Boby Nugroho bersama 2 orang temannya pada  Januari 2016 di salah satu warung di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan.

Dalam pertemuan tersebut, pelaku Dian menawarkan kios atau warung di Jalan Akasia, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan yang diakui miliknya untuk disewakan kepada korban sebesar Rp30 juta selama 5 tahun. Kemudian korban Boby memberikan uang muka (panjar) sebesar Rp14,5 juta kepada pelaku Dian.

 

Merasa curiga, pada April 2016, Boby menanyakan status kios atau warung tersebut kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan. Pada saat itulah, korban baru mengetahui bahwa kios atau warung yang ditawarkan oleh pelaku adalah milik Pemkab Asahan, bukan milik pelaku Dian.

Mendapat informasi tersebut, korban Boby kemudian menagih uang yang telah diberikan kepada pelaku. Namun sampai dengan tahun 2019, pelaku Boby selalu memberikan janji-janji kepada korban untuk mengulur waktu untuk mengembalikan uangnya. Akibatnya, korban Boby membuat laporan ke Polres Asahan pada 21 September 2019.

Pelaku kemudian ditangkap di Dusun IX, Desa Gajah, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan pada Sabtu (5/10) bersama dengan barang bukti berupa selembar kuitansi pembayaran uang sebesar Rp14,5 juta tertanggal 19 Januari 2016.

Dirinya juga menambahkan, untuk kasus ini sendiri ada 4 laporan, 1 dalam bentuk Laporan Polisi (LP) dan 3 dalam bentuk Pengaduan Masyarakat (Dumas).

“Kasus penipuan seperti ini hendaknya diantisipasi oleh masyarakat Asahan, agar tidak ada lagi yang menjadi korban Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.  Dian akan dijerat dengan pasal 378 KUHPidana, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara, ” tambahnya. (ts23)

BACA JUGA  Dilaporkan Atas Tuduhan Penipuan, Warga Jermal Ditangkap Saat Sedang Nongkorong di Warung
Loading...
loading...