Ribuan Rumah di Medan Labuhan Terendam Banjir

925
Ribuan rumah di Kelurahan Tangkahan rerendam banjir.

tobasatu.com, Medan | Hujan lebat yang mengguyur Kota Medan dan sekitarnya mengakibatkan ribuan rumah di Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan, terendam banjir, Rabu (9/10/2019).

Saat ini masyarakat sangat prihatin, rumah-rumahnya terkena banjir dan sibuk berupaya menyelamatkan barang-barang yang berada di dalam rumah.

Salah seorang anggota DPRD Medan, Sudari yang saat ini berada di lokasi banjir bersama masyarakat menceritakan, hujan yang terjadi disana hanya beberapa saat, namun pagi harinya tiba-tiba banjir datang dan warna air tersebut kehitam-hitaman, diduga air bercampur dengan limbah industri mengingat  daerah tersebut sebagiannya merupakan area industi di kota Medan.

Menurut Sudari, banjir yang melanda kawasan kelurahan itu merupakan curahan hujan dari tempat lain, yang berdampak kepada kawasan ke kawasan Kelurahan  Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan.

Sudari meminta kepada Pemko Medan agar segera mengatasi banjir di kota Medan, terutama kawasan Kelurahan Tangkahan yang sangat rawan banjir.

“Belasan tahun permasalahan banjir di Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan tak kunjung selesai. Bahkan banjir yang selalu membawa limbah  ke pemukiman warga menjadi momok yang menakutkan,”ujar Sudari.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai seringnya terjadi terjadi banjir kiriman di kawasan Kelurahan Tangkahan itu, karena pengaruh debit aliran sunga/parit pada beberapa titik sepanjang DAS.

Selain itu, kurangnya jaringan drainase pada daerah pemukiman penduduk dan penyimpitan DAS di Hulu. Karena itu, kata Sudari perbaikan total dranase harus segera dilakukan.

“Apa guna jalan misanya bagus, namun drainase kurang diperhatikan, harusnya sejalan kalau perlu  harus diutamakan  agar masyarakat terhindar dari ancaman bajir setiap saat pada kawasan rawan banjir,”ujar Sudari.

Sudari menghimbau kepada masyarakat agar selalu membersihkan drainase di sekitar rumah dan tidak membuang sampah sembarangan ke parit. (ts-02)

BACA JUGA  Teror Kawanan Begal di Medan Labuhan, Giliran Pelajar Kena Bacok