SDN 101911 Sidodadi, Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri

182
Sekolah Dasar (SD) Negeri 101911 Sidodadi Pagar Merbau, saat ini tengah berjuang agar bisa menjadi Sekolah Adiwiyata.

tobasatu.com, Deliserdang | Sekolah Dasar (SD) Negeri 101911 Sidodadi Pagar Merbau, saat ini tengah berjuang agar bisa menjadi Sekolah Adiwiyata.

Swartini S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 1 menyatakan butuh perjuangan dan kerja keras agar bisa menjadi Calon Sekolah Adiwiyata (CSAM).

“Banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa masuk menjadi CSAM,” tutur Swartini kepada wartawan, Kamis (10/10/2019).

Persyaratan tersebut, kata Swartini, diantaranya wajib membina minimal 6 sekolah binaan di kecamatan setempat atau boleh juga sekolah dari kecamatan lain. 

“Dimana sekolah binaan tersebut adalah sekolah yang belum menjadi sekolah Adiwiyata dan harus dibina hingga mendapat penghargaan dari Bupati Deliserdang,” sebut Swartini.

Lebih jauh Swartini menjelaskan bahwa dari 6 Sekolah yang sudah dibina oleh SDN 101911 Sidodadi, semuanya telah menjadi sekolah Adiwiyata Kabupaten di Tahun 2019 dan menerima penghargaan dari Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Deliserdang di Desa Taduken Raga, Kec. STM Hilir.

Selain itu, sambungnya, sekolah juga harus memiliki prestasi yang mendukung untuk menjadi CSAM. Diantaranya SDN 101911 Sidodadi pernah memperoleh penghargaan Kantin Sehat Bintang satu dari BPOM  pada tahun 2018. Dimana kantin sekolah tidak lagi menjual makanan yang mengandung pewarna, pemanis buatan, pengenyal, pengawet , dan penyedap rasa.

Kemudian lagi, prestasi siswa SDN 101911 Sidodadi pernah mendapat penghargaan peringkat terbaik ke-2 dalam Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Sumatera Utara dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup di Sibolangit di Tahun 2017 lalu.

“Selain itu, SDN 101911 Sidodadi juga pernah menerima penghargaan peringkat terbaik ke-2 pada Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Deliserdang dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup pada Tahun 2018 dan Tahun 2019,” ungkapnya.

Hal ini, kata Swartini, tidak terlepas dari kerjasama warga sekolah baik Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik dan Non Kependidikan, Komite Sekolah serta Orangtua Siswa.

Ketua Pengembangan Kebijakan Berwawasan lingkungan Program Adiwiyata SDN 101911 Sidodadi Pagar Merbau, Yatini S.Pd menambahkan, untuk bisa kembali masuk sebagai CSAM, SDN 101911 Sidodadi juga sudah memiliki sosial media (Sosmed) untuk dapat mempromosikan keindahan dan kebersihan di SDN 101911 Sidodadi.

“Jadi yang kita promosikan di Sosmed itu seperti kegiatan sehari-hari dalam merawat lingkungan serta prestasi yang pernah diraih oleh sekolah maupun siswa,” ucap Wali kelas 3 SDN 101911 Sidodadi Pagar Merbau ini. (ts-02)

Loading...
loading...