Dukung Industri Pariwisata, Layanan 4G LTE XL Axiata Kini Tersebar di Seluruh Kabupaten/Kota di Lampung

1053
Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, memberikan keterangan kepada wartawan di Lampung.

tobasatu.com, Bandarlampung |  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen mendukung upaya Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengembangkan industri pariwisata.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, memberikan keterangan kepada wartawan di Lampung.

Dukungan tersebut diimplementasikan dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan data berkualitas di area-area yang memiliki destinasi wisata populer di hampir seluruh Provinsi Lampung. Jaringan 4G LTE sudah masuk ke semua kota/kabupaten, termasuk di lokasi-lokasi wisata yang tersebar di seluruh provinsi yang berada di ujung paling Selatan Pulau Sumatera tersebut.

Menurut Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, keberadaan layanan telekomunikasi dan data berkualitas menjadi prasyarat untuk membangun industri wisata yang kuat dimanapun juga. 

“Riilnya, jika saat ini kita bicara keinginan untuk memajukan suatu destinasi wisata, maka pertama terpikir adalah bagaimana mempromosikannya. Bicara promosi wisata maka hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan social media, yang berarti foto-foto dan video pemandangan. Berarti harus ada sinyal 4G yang kuat di lokasi itu,” tutur Desy.

Desy menegaskan, roadmap pembangunan infrastruktur layanan data XL Axiata di seluruh Indonesia saat ini antara lain berpedoman dengan keberadaan area-area wisata ini. Hal ini tidak terlepas dari fakta di lapangan bahwa keberadaan destinasi wisata mampu mendorong perekonomian di daerah tempatnya berada. 

“Makin popular suatu destinasi wisata, biasanya perekonomian di sekitarnya juga bergulir maju. Apalagi, jika bicara pariwisata, maka ekosistem pendukungnya juga cukup luas. Dari mulai bisnis penginapan dan kuliner, produk kerajinan, hingga atraksi budaya,” ujar Desy.

Selanjutnya, Desy menegaskan, teknologi digital dan platform media sosial menyediakan manfaat ganda untuk promosi. Melalui sarana digital, promosi tidak lagi hanya satu arah oleh para pelaku industri wisata, namun juga secara tidak langsung oleh para wisatawan.

BACA JUGA  XL Axiata Ajak Mahasiswa Pahami Dunia Bisnis

Melalui foto-foto maupun video dari para pengunjung yang dibagikan di media sosial, suatu daerah tujuan wisata bisa menjadi menjadi lebih terkenal. Hal ini menjadi lebih relevan lagi karena perilaku masyarakat saat dalam menentukan pilihan suatu tujuan wisata juga dengan memastikannya melalui review di media sosial.

“Semua itu bisa dilakukan hanya jika di area wisata itu tersedia layanan data yang

berkualitas baik. Konten-konten berupa foto dan video hanya bisa dibuat dan di-upload di internet dan media sosial jika sinyal datanya bagus dan kuat. Nah, kami di XL Axiata akan berusaha keras untuk terus meningkatkan kualitas layanan data di daerah-daerah wisata,” ujar Desy. 

Desy optimis kawasan wisata Lampung akan terus berkembang karena memiliki nilai khas yang tidak ada di daerah lain. 

Head of Sales Lampung Bengkulu, Budi Utama Lubis mengatakan bahwa Provinsi Lampung memiliki banyak destinasi wisata yang memiliki prospek bagus untuk terus dikembangkan, mulai wisata alam, budaya, hingga ekowisata. Jaringan data berkualitas milik XL Axiata telah menjangkau dengan kuat di Pulau Pahawang, Tanjung Setia Pesisir Barat, Pantai Mutun, Pantai Klara, Way Kambas dan beberapa kawasan wisata menarik lainnya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

 XL Axiata akan terus meningkatkan kualitas jaringan di lokasi-lokasi tersebut, antara lain dengan meningkatkan jaringan dari 3G ke 4G.

Jaringan data 4G LTE berkualitas XL Axiata hadir di Lampung sejak Maret 2017 dan kinit elah masuk ke berbagai kota/kabupaten.

Saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata diL ampung didukung sekitar 2.500 BTS, termasuk sekitar 1.850 BTS data (3G dan 4G). Pelanggan di Lampung lebih dari 800 ribu, meningkat signifikan dibanding tahun

BACA JUGA  XL Axiata Kenalkan “XL SATU Fiber”, Layanan Konvergensi Pertama di Indonesia

sebelumnya. Hal ini menunjukkan kepercayaan besar dari masyarakat atas peningkatan kualitas jaringan XL Axiata di Lampung dan sekitarnya. 

Penggunaan data di Lampung juga terus tumbuh signifikan. Di seluruh Sumatera dan kepulauan, total pelanggan XL Axiata mencapai lebih dari 19% dari total keseluruhan pelanggan XL Axiata.

Sebanyak sekitar 95% di antaranya adalahpelanggan data. Saat ini tercatat sudah ada 148 kota/kabupaten yang sudah mendapatkan layanan 4G LTE, dan akan terus bertambah tahun ini. (ts-02)